SELAMAT DATANG DI WEBSITE SMP NEGERI 2 SAMBONG, KAB. BLORA, JAWA TENGAH

Senin, 20 Juli 2020

MATERI. 2. SENI BUDAYA. SMP. KLS. IX. SEMESTER. I. | BAB.I SENI LUKIS

        Selamat Pagi anak - anakku semua, Salam sejahtera dan Salam Sehat Selalu. Kita melanjutkan materi yang kemarin yaitu mengenai gaya atau aliran serta tujuan berkarya dalam seni lukis.  Untuk  Materi hari ini yaitu mengenai  Tema Seni Lukis dan mengenai Alat dan Bahan untuk berkarya dalam seni lukis. 

B. Tema  Seni Lukis

Tema adalah gagasan, ide atau pokok pikiran yang ada didalam sebuah karya seni baik dalam bentuk karya seni rupa dua dimensi maupun seni rupa tiga dimensi.  Memahami tema yang ada pada sebuah karya seni rupa murni berarti kita dapat memahami tujuan penciptaan karya seni tersebut. 
Tema - tema  karya seni rupa murni antara lain sebagai berikut :

1. Manusia dengan Dirinya Sendiri
    Untuk mengungkapkan cita rasa keindahan manusia mewujudkannya lewat  media ekspresi. Di dalam pengungkapannya seseorang menggunakan potret dirinya sendiri sebagai objek lukisannya    contoh Lukisan Potret Diri karya Basuki Abdullah. ( gbr 1.11  hal 10 )

2. Manusia dengan Manusia Lain 
    Seorang perupa kadangkala dalam menggunakan cita rasa keindahan menggunakan objek orang-orang yang ada disekitarnya seperti anak-anaknya, istrinya, tetangganya, orang tuanya atau orang yang ada dipikirannya. Contohnya Lukisan tema Manusia dengan Manusia Lain, karya Affandi. ( gbr 1.12 hal 10 )

3. Manusia dengan Alam Sekitarnya.
    Alam sekitar yang sangat menarik bagi para pelukis untuk mengungkapkan cita rasanya sering dijadikan objek untuk lukisannya. Seperti pemandangan gunung, laut ,sungai, hutan dan masih banyak lagi alam yang dijadikan objek lukisan. Contoh Lukisan tema Manusia dengan alam sekitarnya karya Basuki  Abdullah. ( gbr 1.13  hal 11 )

4. Manusia dengan Alam Benda
    Benda - benda disekitar kita memiliki keunikan tersendiri bagi para pelukis sehingga menjadikan benda-benda tersebut sebagai objek lukisannya. Keunikannya berbentuk silinder, kubistis, organis atau berbentuk bebas. Bentuk benda bebas seperti gelas, kendi bunga dll.  ( gbr 1.14  hal 11 )

5. Manusia dengan Aktifitasnya.
    Aktifitas manusia dalam kehidupan sehari - hari yang berragam membuat perupa ingin mengabadikan  kegiataan  tersebut. Contohnya kegiatan menari, membajak sawah dan lainnya. ( gbr 1. 15 hal 11 )

6. Manusia dengan Alam Khayal.
         Ide yaitu imajinasi atau khayalan sering melintas dalam pikiran kita baik secara sadar ataupun saat tidak sadar. Khayalan ini bisa diwujudkan dalam suatu karya seni.  Hasil karya seni rupa seperti ini sering disebut dengan karya seni Surealisme.  ( gbr 1.16 hal 12 )

C. Alat dan Bahan  Berkaarya Seni Lukis
    Media berkarya seni rupa dua dimensi ( seni lukis ) meliputi bahan dan alat untuk melukis sesuai jenis dan gaya karya yang diinginkan.  

1. Pastel atau Caryon

    Crayon Oil Pastel terbuat dari pasta minyak yang dicampur dengan pewarna. Caryon ini sifatnya lembut mudah bercampur akan tetapi sangat mudah habis dan meninggalkan remahan ( kotoran ). Caryon jenis Wax  terbuat dari lilin yang dicampur dengan serbuk warna. crayon ini sifatnya keras, tidak mudah habis dan  tidak banyak meninggalkan kotoran akan tetapi tidak baik untuk proses mixing dan gradasi.

    Pastel ( Oil Pastel ) terbuat dari lilin ( Wax )  dan minyak ( oil ). Pastel sering dihubungkan dengan warna - warna yang lembut. Sedangkan Crayon terbuat dari bahan Kaolin  dengan tepung warna sehingga terlihat lebih mengkilap dan keras. Warna yang dihasilkan Crayon  cenderung lebih mengkilap dan sedikit berminyak. Dan krayon menjadi salah satu pilihan kita untuk menggambar karena sifatnya yang padat dan tidak mudah menyerpih sehingga tidak mengotori tangan  dan baju ketika kita menggambar. ( gbr 1.17  hal 13 )

2. Cat ( Pewarna )
    Bahan pewarna ini dibedakan bersadarkan basis pengencerannya yaitu :

a. Cat Air ( berbasis air ) jenisnya ada 2 yaitu Water colour sifatnya transparan dan poster colour sifatnya plakat. Bahan utama cat air berupa pigmen halus atau serbuk warna ( dye) yang dicampur dengan gum arabic sebagai bahan baku, serta gliser atau madu untuk menambah kekentalan dan daya rekat pigmen warna ke permukaan bidang gambar. ( Gbr 1.18  hal 14)

b. Cat Minyak  ( berbasis minyak ) terbuat dari partikel - partikel pigmen warna yang disuspensi dengan media minyak. Cat minyak ini memberi efek cerah serta memberikan tekstur yang sangat bagus, sedangkan kelemahannya adalah baunya yang menyengat. Lukisan cat minyak medianya adalah kanvas. Cat minyak dikemas dalam bentuk tube timah, dalam bentuk pasta yang dalam pemakaiannya dicampur dengan lijn-olie sebagai pengencernya. ( gbr 1.18 hal 14 )

c. Cat Akrilik terbuat dari plastik berbasis polietilen yang akan mengeras ketika kering.  Cat akrilik adalah caat plastik yang tersedia dalam bentuk pasta dan dikemas dalam semacam tube. Cat akrilik bisa dicampur dengan air hingga maksimum 30 % agar tidak mengurangi kwalitasnya. Mencampur dengan air akan membuat tampilan cat akrilik tampak lebih lembut dan transparan. Sifat car akrilik cepat kering dan setelah kering cat akan susah dihapus atau dimodifikasi.(  Gbr 1.18 hal 14)

3. Kuas merupakan alat yang digunakan untuk menguas / cat ke media lukisan. Jenis dan bentuk kuas  berragam dari bentuk, ukuran, serta harga yang sangat bervariasi. Jenis kuas yang berujung lurus datar dipakai untuk bahan cat minyak, sedangkan kuas dengan buku berbentuk bulat dan berujung runcing dipakai untuk bahan cat air.  ( Gbr 1.19  hal 15 )

4. Pisau Palet terbuat dari aluminium tipis yang fungsinya adalah untuk mencampur cat seperti seperti layaknya kuas juga untuk membuat efek - efek goresan pada media lukis. Bentuknya ada 3 macam yaitu runcing, lebar dan bulat. ( gbr 1.20 hal 15) 
 
5. Palet yaitu media yang digunakan untuk tempat mencampur cat, jenis dan ukuran. Untuk media yang dipakai adalah  yang ada lengkungan tempat air, sedangkan bentuk palet cat minyak berbentuk datar, ditambahkan lubang untuk pegangan. ( gbr hal 16 )

6. Kanvas merupakan bahan media yang umum  dipakai sebagai media dalam melukis. Kanvas menggunakan bahan linen atau bahan katun. ( gbr 1.24 hal 16 )

TUGAS  * Buka buku paket Seni Budaya kls IX. bab. 1. SENI LUKIS  hal 10 - 16
               * Soal serta jawaban ditulis dan dikerjakan di buku tulis khusus Seni Budaya dan                                        sewaktu - waktu dikumpulkan. 

SOAL  :
 1. Sebutkan dan jelaskan 6 macam tema didalam pembuatan karya seni rupa murni ?
 2. Sebutkan dan jelaskan 3 macam  cat ( pewarna ) ?
 3. Sebutkan dan jelaskan 2 macam jenis kuas ? 
 4. Apakah yang dimaksud dengan tema pada pelajaran seni lukis !
 5. Jelaskan perbedaan antara Pastel dan Crayon pada pelajaran seni lukis !


    *******************SELAMAT BELAJAR *******************


Tidak ada komentar:

Posting Komentar