SELAMAT DATANG DI WEBSITE SMP NEGERI 2 SAMBONG, KAB. BLORA, JAWA TENGAH

Senin, 13 Juli 2020

MATERI MPLS | Kesadaran Berbangsa dan Bernegara

Oleh:

Dra. Cicilia Wahyu P.T


Indonesia adalah wilayah kepulauan yang terdiri dari daratan dan lautan yang terorganisasi dalam negara kesatuan untuk melaksanakan pembangunan disegala bidang agar masyarakat menjadi sejahtera lahir dan batin sesuai pembukaan alinea IV UUD 1945. Untuk mencapai itu maka rakyat Indonesia harus menyadari bahwa kita terdiri dari berbagai ragam budaya, agama, ada istiadat yang beraneka ragam yang merupakan kekayaan Indonesia yang perlu dipertahankan menjadi aset bangsa. Berbangsa adalah manusia yang mempunyai landasan, etika bermoral dan berakhlak mulia dalam mewujudkan masyarakat adil dan makmur. Bernegara adalah manusia yang mempunyai kepentingan yang sama dan menyatakan dirinya sebagai suatu bangsa Indonesia yang mempunyai cita-cita untuk bersatu secara emosional dan rasional dalam membangun rasa nasionalisme. Membangun kesadaran berbangsa dan bernegara yang positif perlu ditanamkan pada diri bangsa Indonesia terutama pada diri generasi muda sebagai generasi penerus bangsa yang selalu ingin maju dengan penguasaan iptek agar kita tidak ketinggalan dengan negara lain. Penggunaan iptek harus sesuai dengan nilai-nilai Pancasila yang perlu dipertahankan, contoh : penggunaan telepon seluler untuk mempererat tali silaturahmi dengan keluarga yang berada jauh.

Kesadaran bangsa Indonesia dapat diwujudkan juga dalam bela negara. Arti bela negara adalah mempertahankan negara dari segala ancaman baik yang datang dari luar Indonesia maupun dari dalam negara Indonesia sendiri yang dapat mengganggu kelangsungan hidup bangsa Indonesia. Selain dengan bela negara, kesadaran berbangsa dapat diwujudkan dengan sikap patriotisme dan nasionalisme yang harus dipupuk dalam diri bangsa Indonesia. Nilai-nilai bela negara antara lain:

1.      Cinta tanah air

Dapat diwujudkan dengan cara melestarikan budaya daerah, memakai produk dalam negeri, menjaga lingkungan sekitar.

2.      Pancasila sebagai alat pemersatu keberagaman yang dimiliki bangsa Indonesia

Keberagaman itu antara lain : agama, suku, adat istiadat, bahasa, budaya.

3.      Rela berkorban untuk bangsa dan negara

Contoh sikap rela berkorban yaitu, mengorbankan waktu, tenaga dan pikiran untuk mengharumkan nama bangsa, misalnya mengikuti lomba matematika tingkat internasional

4.      Memiliki kemampuan bela negara dapat diwujudkan dengan sikap disiplin, bekerja keras, mentaati peraturan, berprestasi untuk mengharumkan bangsa.

 

Faktor pendukung agar tercipta kesadaran berbangsa dan bernegara seperti :

1.      Rasa memiliki bangsa dan negara

2.      Menegakkan aturan hukum

3.      Keadilan dalam memberi hak dan kewajiban semua rakyat

Bela negara itu sendiri diatur dalam pasal 27 ayat 3 UUD 1945 “Setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaan negara” dan pasal 30 ayat 1 UUD 1945 “Tiap-tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pertahanan pembelaan negara”.

Karena sekolah kita adalah Sekolah Adiwiyata Tingkat Kabupaten, maka peserta didik harus mempunyai kesadaran berbangsa dan bernegara dilingkungan sekolah, contohnya antara lain :

a.       Siswa melaksanakan piket sesuai jadwal

b.      Siswa mentaati tata tertib sekolah

c.       Merawat tanaman yang ada di lingkungan sekolah

 

Semoga kita semua dapat melaksanakan nilai-nilai Pancasila dan memiliki semangat bela negara untuk memajukan bangsa dan negara Indonesia.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar