SELAMAT DATANG DI WEBSITE SMP NEGERI 2 SAMBONG, KAB. BLORA, JAWA TENGAH

Minggu, 12 Juli 2020

MATERI MPLS | Pengenalan Pembelajaran Daring dan Tata Caranya

Materi ini disajikan oleh: Yushadi, S.Pd

Siswa Baru Sekalian yang berbahagia .......
Sebelum kalian secara penuh diterima di SMP Negeri 2 Sambong, terlebih dahulu akan dibekali dengan beberapa gambaran tentang seluk-beluk SMP Negeri 2 Sambong sekaligus tentang kegiatan pembelajarannya. Kegiatan ini disebut dengan MPLS yang merupakan singkatan dari Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah. Kegiatan MPLS pada tahun pelajaran 2020/2021 ini dilaksanakan secara daring. Tentunya kalian tidak asing dengan kata daring, bukan? Baiklah akan kita bahas lebih dalam lagi pada materi MPLS yang pertama ini dengan tema "Pengenalan Pembelajaran Daring dan Tata Caranya". 

Mengenal Pembelajaran Daring dan Tata Caranya

Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Plt. PAUD Dikdasmen Kemendikbud), Hamid Muhammad mengatakan masyarakat Indonesia keliru tentang konsep Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Ia menegaskan PJJ tak sama dengan pembelajaran dalam jaringan ( daring). "Karena banyak orang menyamakan PJJ ini dengan pembelajaran daring," kata Hamid Pendalaman Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran Pada Tahun Ajaran dan Tahun Akademik Baru di Masa Pandemi COVID-19 secara virtual, Selasa (16/6/2020).
Menurutnya, PJJ dibagi menjadi dua jenis yaitu pembelajaran luar jaringan ( luring) dan pembelajaran dalam jaringan (daring). Pembelajaran daring adalah pembelajaran yang menggunakan model interaktif berbasis internet dan Learning Manajemen System (LMS).
(Sumber: Kompas.com dengan judul "Pembelajaran Jarak Jauh bukan Pembelajaran Daring, Ini Penjelasannya ")


Sebagai upaya untuk mencegah wabah Covid-19, pemerintah mengeluarkan kebijakan agar sekolah-sekolah meminta siswanya untuk belajar di rumah. Mulai 16 Maret 2020 sekolah menerapkan metode pembelajaran siswa secara daring.
Sebagai upaya untuk mencegah wabah Covid-19, SMP Negeri 2 Sambong pada tahun pelajaran 2020/2021 menerapkan model pembelajaran secara daring maupun luring. Bagi siswa yang belum memiliki HP akan diberikan materi secara luring. 
Untuk efektifitas pelaksanaannya dengan mempertimbangkan beberapa faktor termasuk kualitas jaringan internet dan kuota internet, maka ada tiga aplikasi atau situs web yang akan digunakan dalam pembelajaran daring nantinya, yaitu WhatsApp, smpn2sambong.sch.id , dan Google Form
Untuk aplikasi WhatsApp saya kira kalian sudah sangat familiar dan sering menggunakannya untuk berkomunikasi dengan teman-teman dan keluarga kalian. Pemanfaatan WhatsApp dalam pembelajaran nantinya akan kalian terima lewat grup WhatsApp. Pada kesempatan ini tidak akan saya jelaskan secara terperinci. 
Materi pembelajaran sekaligus penugasan yang akan kalian terima secara daring menggunakan model berbasis internet dengan mengakses website smpn2sambong.sch.id, seperti yang kalian lakukan saat ini 😃😃😃. Jika kalian sudah berhasil masuk ke halaman ini dan sudah membaca materi dari awal sampai bagian ini berarti kalian sudah bisa menggunakan aplikasi web browser seperti google chrome, mozilla firefox, opera, internet explorer dan mungkin saat ini kalian menggunakan browser yang sudah disediakan oleh produsen HP/Smartphone yang kalian miliki. Ok.... saya yakin kalian sudah paham cara mengakses halaman website (salah satunya adalah website milik SMP Negeri 2 Sambong ini, di alamat:  smpn2sambong.sch.id). Intinya dalam penggunaan web sekolah, kalian simak dan baca materi yang dipaparkan. Jika dalam paparan itu diselipkan video atau Link/tautan, klik atau tekan sekali (jika menggunakan HP). Jika itu video, maka silahkan kalian simak video itu sampai selesai, sedangkan jika itu berupa link maka akan ditampilkan halaman lain, bisa berupa halaman sebuah web lain atau berupa penugasan seperti google form. Jika sudah selesai maka tekan tombol kembali pada layar HP kalian.
Untuk itu, dalam kesempatan kali ini saya akan menjelaskan cara menggunakan aplikasi google form. 
Google form merupakan salah satu aplikasi buatan google yang digunakan untuk mengumpulkan data dari sebuah perusahaan atau institusi seperti sekolah. Dalam pembelajaran daring ini, google form digunakan untuk memberikan penugasan kepada siswa secara interaktif berupa kuis. Berikut ini saya akan memaparkan langkah-langkah penggunaannya.

Pertama: Klik link/tautan yang diberikan oleh bapak/ibu guru, bisa lewat WhatsApp grup atau link yang diberikan di akhir materi ( Termasuk di akhir materi ini, kalian akan diberikan link untuk sekadar melatih ketrampilan kalian menggunakan google form. Jika jawaban yang kalian kirimkan berhasil, langsung akan bisa saya cek... dan kalian berhasil.... Horee.. 👏👏👏👍👍👍). Berikut contoh link yang dikirimkan lewat whatsApp. Klik link (teks berwarna biru)



Kedua: Setelah kalian klik link yang diberikan akan menuju halaman google form. pertama kalian akan diminta mengisi data-data, seperti gambar di bawah ini. Jika ada tulisan "Jawaban Anda" maka kalian ketik data yang diminta sedangkan jika ada kata "Pilih" maka kalian klik bagian itu, kemudian klik pilihan yang sesuai.



Ketiga: Kemudian geser layar ke bawah, maka akan ditampilkan form soal. Jika soal pilihan ganda seperti gambar di bawah ini, maka kalian klik pada lingkaran kecil di sebelah kiri pilihan jawaban. 

Jika soal berupa isian singkat seperti gambar di bawah ini, maka kalian ketikkan jawaban pada bagian yang bertuliskan "Jawaban Anda"


Keempat: Setelah selesai menjawab semua soal, maka di bawah soal terakhir terdapat tombol "Kirim". Klik tombol itu, maka jawaban anda akan terkirim ke server. Perhatikan gambar di bawah ini.


Setelah itu, akan ditampilkan jendela yang menyatakan bahwa tanggapan atau jawaban kalian sudah direkam atau diterima. Juga terdapat tombol "Lihat skor" untuk melihat skor yang kalian peroleh.


Demikian penjelasan menggunakan aplikasi google form untuk mengerjakan penugasan yang diberikan Bapak/Ibu guru. 
Untuk mengasah kemampuan kalian, kerjakan kuis dari saya, dengan cara klik link / tautan berikut ini:



Tidak ada komentar:

Posting Komentar