SELAMAT DATANG DI WEBSITE SMP NEGERI 2 SAMBONG, KAB. BLORA, JAWA TENGAH

Senin, 03 Agustus 2020

MATERI BAHASA INGGRIS KELAS 9, BAB 2 | IN ORDER TO & SO THAT

so that / in order that

Pengertian dan penggunaan so that dan in order that
So that dan in order that sama-sama digunakan untuk menunjukkan tujuan dari sesuatu (to show the purpose of something).

Kita sering menggunakan modal auxiliary verb (can, may, would,should etc) bersama dua frasa bahasa Inggris ini. Kita dapat menggunakan simple present atau simple future “will” setelah so that dan simple present setelah in order that ketika mengarah pada masa depan.

That yang mengikuti so sering dihilangkan pada situasi informal. Kata yang merupakan conjunction (kata hubung) ini lebih umum digunakan (more common) daripada in order that.  Adapun in order that yang merupakan idiom  yang berarti “so that something can happen” (agar sesuatu dapat terjadi) lebih formal (more formal) daripada so that.

Selain untuk menunjukkan tujuan dari sesuatu, so that juga dapat digunakan untuk menunjukkan akibat dari sesuatu (to show the result of something).

bagaimana menempatkannya dalam kalimat. Berikut penulis akan menjelaskan kata sambung “to, in order to dan so that”.

1. Kata sambung “to” disini artinya untuk bukan kepada, kalau biasanya mengartikan kata “to” menjadi “kepada” tapi kali ini posisinya berbeda ketika posisi kata “to” sebagai kata sambung maka artinya berubah menjadi “untuk”. Kata sambung “to” diikuti kata kerja, setelah kata sambung “to” + Verb 1 (kata kerja pertama). Berikut dibawah ini penulis berikan contoh kalimat menggunakan kata sambung “to”.

Contoh :

We should eat breakfast to do our activities during the day.
We should jog to have stronger lungs.

Perhatikan 2 contoh diatas kata sambung to maknanya adalah untuk dan setelah kata to diikuti kata kerja pertama (verb 1), kata do dan have adalah kata kerja pertama. Penulis akan memberikan satu lagi contoh kalimat menggunakan kata sambung ” to” perhatikan baik-baik ya.
“Sandy join the competition to get the reward.” anak-anak bisa menganalisakan dari kalimat tersebut setelah kata “to” ada kata kerja “get” yang mana adalah kata kerja pertama.

2. Kata sambung ” in order to”kata sambung in order to disini artinya “supaya”.

Contoh:

Siti says we should eat enough in order to be healthy.
We should eat well in order not to get sick easily.

Perhatikan 2 contoh kalimat diatas kata sambung in order to bermakna “supaya”. Contoh kalimat yang kedua ditambahkan not jika bermaksud membuat kalimat dengan arti “supaya tidak” seperti dicontoh tersebut.

3. Kata sambung “So that” . kata sambung so that artinya sama seperti kata sambung in order to yaitu artinya “supaya”. Lalu bagaimana cara membedakan menggunakannya? Ada perbedaan menggunakan kata sambung yang ini

    Kata sambung “so that” biasanya diikuti sebuah klausa atau kalimat. Berikut contohnya dibawah ini.

Contoh :

We should eat enough fruits so that we will be healthy.
We have to clean our bath tub regularly so that mosquitoes do not lay their legs there.

Perhatikan 2 kalimat diatas setelah kata sambung “so that” diikuti sebuah klausa atau kalimat,. Syarat sebuah kalimat yaitu ada Subjek dan Kata kerja. Dari kalimat tersebut bisa sahabat lihat setelah kata sambung “so that” ada kalimat yang lengkap dengan subjek dan kata kerjanya.
Untuk lebih mengukur pemahaman sahabat ilmu tentang kata sambung “to, in order to dan so that”

LATIHAN SOAL                                           


Complete the sentences with the correctly with correct conjunction!

1. I save my money (so that / to) buy a remote control car.

2. My grandfather goes to the hospital (so that / to) do a medical check up.

3. Mom needs some butter (so that / to) make a cake.

4. My friend studies hard (so that / in order to) he can make it to the top rate university.

5. I go to school on feet (to / so that) save my money.

6. He drives carefully (in order to / so that) he can reach home safely.

7. Dad works out everyday (in order to / so that) stay healthy.

8. I read news online regularly (to / so that) know what’s happening in the world.

9. She wears her sweater (to / so that) she won’t get cold.

10. Sherly got part time job (to / so that) she earn some pocket money.



Part II
Join these sentences by using to, in order to, or so that!

1. He learns Japanese. He can study in Japan.
. . . . . . . . . . . . . . . . . .

2. They wake up early. Go to work on time.
. . . . . . . . . . . . . . . . . .

3. She joins cooking class. Cooks deliciously at home.
. . . . . . . . . . . . . . . . . .

4. I wear a rain coat. I won’t get drenched.
. . . . . . . . . . . . . . . . . .

5. I ask for her number. I can keep in touch with her.
. . . . . . . . . . . . . . . . . .

6. He goes to the library. Reads and borrows books.
. . . . . . . . . . . . . . . . . .

7. She learns piano. She can be a musician someday.
. . . . . . . . . . . . . . . . . .

8. I need to watch a comedy movie. I can laugh and cheer up.
. . . . . . . . . . . . . . . . . .

9. Melia comes home early. Help her mother doing the chores.
. . . . . . . . . . . . . . . . . .

10. He applies to the art major. Be a professional artist


Tidak ada komentar:

Posting Komentar