SELAMAT DATANG DI WEBSITE SMP NEGERI 2 SAMBONG, KAB. BLORA, JAWA TENGAH

Rabu, 15 Juli 2020

MATEMATIKA SMP KELAS 8 | POLA BILANGAN

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh....
Selamat pagi kalian semua........
Bagaimana kabar hari ini?
Semoga kalian semua dalam kondisi sehat dan tetap semangat......
Tetaplah bersyukur dan berbahagia....
Baiklah hari ini kita akan belajar tentang pola bilangan, silakan kalian baca dan cermati materi berikut ini.

POLA  BILANGAN

Masalah dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan barisan bilangan

Dalam kehidupan sehari hari banyak hal yang berhubungan dengan pola bilangan, misalnya pola penataan rumah, pola penataan kamar hotel, pola penataan kursi dalam stadion, pola penataan buku di perpustakaan dll.

Bilangan adalah suatu konsep matematika yang digunakan sebagai pencacahan dan pengukuran.

Macam bilangan

a.    Bilangan Bulat

Bilangan bulat adalah himpunan himpunan bilangan bulat negative, positif, dan nol

B = {…, -2, -1, 0, 1, 2, …}

b.    Bilangan Cacah

Bialngan cacah adalah himpunan bilangan yang terdiri dari bilangan positif dan nol.

C = {0, 1, 2, 3, 4, …}

c.    Bilangan Asli

Bilangan asli adalah bilangan bulat positif

N = { 1, 2, 3, 4, 5, …}

d.    Bilangan genap

Bilangan genap adalah bilangann bulat dalam bentuk n = 2k, dimana k adalah bilangan bulat

Contoh bilangan genap adalah 4, -2, 0, 2, 4, 6.

e.    Bialngan ganjil

Bilangan ganjil adalah bilangann bulat dalam bentuk n = 2k + 1, dimana k adalah bilangan bulat.

Contoh bilangan ganjil adalah -3, 3, 5, 7.

 

Bilanganganjil 1,3,5,7, …, n

RumuspolabilanganganjiladalahUn = 2n -1

Bilangan ganjil ke 100 adalah

Un = 2n – 1

U100 = 2.100 – 1

U100 = 200 – 1

U100 = 199

Jadi bilangan ganjil ke 100 adalah 199

 

 

f. Bilangan Fibonanci

Pola bilangan fibonacci merupakan sebuah bilangan dimana setiap suku bilangannya merupakan jumlah dari 2 suku di depanya.

  • Pola bilangan fibonacci ini terdiri dari

1 , 2 , 3 , 5 , 8 , 13 , 21 , 34 , 56 , 90, . . .
2 , 2 , 4 , 6 , 10 , 16 , 26 , 42 , 68. . ..
3, 6, 9, 15, 24, 39, 63, …..

 

Contoh Soal :
Tentukan angka bilangan fibonacci ke 5 dan 10 dari deret barisan bilangan fibonacci berikut: 1, 2, ……..

Jawab:

Bilangan awal yaitu 1, 2, … bilangan ke 5 nya adalah:
f5 = 1, 2, 3, 5, 8.
Maka bilangan fibonacci ke 5 yaitu 8
Kemudian bilangan fibancci ke 10 nya yaitu:
1, 2, 3, 5, 8, 13, 21, 34, 55, 89.

Maka bilangan fibonacci ke 10 yaitu 89

Menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan barisan bilangan

Untuk mempercantik pemandangan, di pinggir jalan dipasang pot yang berwarna warni dengan urutan warna pot yang selalu berulang yakni pink, merah, danbiru. Jika pot pertama berwarna pink, pot kedua bermerah, biru,  kembali pink, merah biru dan seterusnya.

Tentukan warna pot pada urutan 119

 

Penyelesaian:

Pola warna pada barisan

o   Pot warna pink       pada barisan ke 1, 4, 7, 10, 13, 16, 19, 22, 25, dst.

o   Pot warnamerah    pada barisan ke 2, 5, 8, 11, 14, 17, 20, 23, 26, dst.

o   Pot warnabiru         pada barisan ke 3, 6, 9, 12, 15, 18, 21, 24, 27, dst.

Jika di amati pola berisannya selalu berselisih 3.

 

Baris

Barisdibagi 3

warna

hasil

sisa

1

0

1

Pink

2

0

2

Merah

3

1

0

Biru

4

1

1

Pink

5

1

2

Merah

6

2

0

biru

7

2

1

Pink

8

2

2

Merah

9

3

0

Biru

10

3

1

Pink

11

3

2

Merah

12

4

0

Biru

 

Dilihat dari sisa hasil pembagian dan warna pot maka dapat ditulis

o   Yang bersisa 0 berwarnaBiru

o   Yang bersisa 1 berwarna Pink

o   Yang bersisa 2 berwarnaMerah

 

Warna pot ke-119

119 : 3 = 39 sisa 2

Karena bersisa 2 maka pot berwarna Merah

 Kalian juga bisa belajar dari buku paket Matematika kelas VIII semester 1 halaman 5 sampai dengan 22

 

Rangkuman :

Setelah melakukan kegiatan tentang pola bilangan, rangkuman materinya adalah sebagai berikut :

1. Cara menentukan suku-suku tertentu pada suatu barisan bilangan adalah dengan melihat pola bilangan sebelumnya dilanjutkan menentukan rumus pola bilangan.

2. Dengan memperhatikan pola bilangan dari suatu konfigurasi objek, kita dapat menentukan rumus untuk konfigurasi objek selanjutnya.

Latihan Soal :

1.  Coba amati gambar berikut.



Tentukan 3 bilangan berikutnya


2. Coba amati gambar berikut.





                                                          

                                              

  

Dari gambar diatas, tentukan rumus suku ke n pada pola diatas !

3.Tentukan bilangan ganjil ke 50 !

4.  Tentukanlah nilai dari suku ke-15 dari barisan deret aritmatika seperti berikut ini : 2, 4 , 6, 8 , … 

5. Tentukan suku ke 8 dari baris 1,2,3,5, ....

Disebut baris apakah baris tersebut?

Kalian bisa mengerjakan di buku tugas,jika ada kesulitan bisa dikonsultasikan ke guru mapel, pastikan kalian mengerjakan dengan teliti dan benar.

Terimakasih


Tidak ada komentar:

Posting Komentar