SELAMAT DATANG DI WEBSITE SMP NEGERI 2 SAMBONG, KAB. BLORA, JAWA TENGAH

Rabu, 29 Juli 2020

BAB 1 MATERI KELAS 8

MATERI KELAS 8

Bahan Lunak Alami

Bahan lunak alami adalah bahan yang bisa diperoleh dari alam langsung ataupun bahan lunak dari alam yang pengolahannya masih alami. Bahan lunak alami selain mudah kita dapatkan, biayanya pun juga lebih terjangkau.

Contoh produk kerajinan bahan lunak alami :

1.Kerajinan Bahan Lunak Alami dari Tanah Liat

kerajinan bahan lunak tanah liatTanah liat merupakan bahan lunak yang bisa digunakan untuk berbagai jenis kerajinan. Tanah liat terbentuk melalui proses pelapukan kerak bumi. Karakteristik dari tanah liat sendiri sulit menyerap air, memiliki tekstur tanah lengket bila basah dan kuat menyatu dengan tanah lain.

kerajinan bahan lunak tanah liat 1

Kerajinan yang terbuat dari tanah liat juga sering disebut dengan kerajinan keramik. Salah satu contoh kerajinan yang terbuat dari tanah liat antara lain : gerabah, tembikar, vas bunga, genteng, guci, piring dan lain-lain.

2.Kerajinan Bahan Lunak Alami dari Serat Alam

kerajinan bahan lunak serat alamKerajinan serat alam adalah sebuah karya kerajinan yang menggunakan bahan baku serat alam dengan teknik pembuatan kerajinan sebagian besar dibuat dengan cara menganyam. Bahkan serat alam banyak menghasilkan aneka ragam kerajinan.

kerajinan bahan lunak serat alam 2

Hasil kerajinan dari serat alam bisa dibuat barang atau benda pakai, juga bisa benda hias yang indah. Dan jika diolah sedemikian rupa dengan nilai seni yang tinggi akan memiliki harga yang sangat mahal.

kerajinan bahan lunak serat alam 1

Contoh produk kerajinan dari serat alam yaitu : tas, topi, dompet, alas meja, tempat lampu, figura dan lain-lain.

3. Kerajinan Bahan Lunak Alami dari Kulit

kerajinan bahan lunak kulit 2Kerajinan kulit adalah suatu karya kerajinan yang menggunakan bahan baku dari kulit yang sudah disamak, kulit mentah atau kulit sintetis. Biasanya karya kerajinan dari kulit diproses menggunakan teknik ukir dan jahit. Bahan kulit ini  bisa berasal dari hewan seperti buaya, sapi, kambing, kerbau sebagai  bahan dasar kerajinan.

kerajinan bahan lunak kulitKeterbatasan bahan dan pembuatan yang cukup lama membuat kerajinan dari kulit ini menjadi mahal. Contoh produk kerajinan dari kulit yaitu : tas, dompet, wayang, jaket, sepatu, dan lain-lain.

kerajinan bahan lunak kulit 1

Bahan Lunak Buatan

Bahan lunak buatan adalah suatu bahan yang diperoleh melalui beberapa tahap proses sehingga menjadi bahan lunak. Bahan lunak buatan cenderung lebih mahal dari pada dengan bahan alami.

Contoh produk kerajinan bahan lunak buatan yaitu :

1. Kerajinan dari Gips

kerajinan bahan lunak gips 2Kerajinan gips merupakan sebuah kerajinan yang menggunakan bahan baku gips.  Gips adalah bahan mineral yang tidak larut dengan air dalam waktu yang lama jika sudah menjadi padat.

Bahan gips mengandung zat jenis hidrat kalsium sulfat dan beberapa mineral seperti : karbonat, borat, nitrat, dan sulfat yang terlepas, sehingga dalam hal ini gips dalam proses pengerasan akan terasa panas. Untuk membentuk sesuai apa yang kita inginkan, prosesnya harus dicairkan terlebih dahulu, diharuskan membuat model terlebih dahulu.

kerajinan bahan lunak gipsPada umumnya, untuk semua produk gips dibutuhkan cetakan. Bahan utama pembuatan cetakan sendiri adalah silicone rubber, namun yang paling gampang dan mudah dicari adalah plastisin atau tanah liat. Kerajinan gips biasanya dibuat berupa benda hias yang indah.

Contoh kerajinan gips : hiasan dinding dan mainan.

2. Kerajinan dari Lilin

kerajinan bahan lunak lilin 1Kerajinan lilin merupakan sebuah produk kerajinan yang dari bahan dasar lilin. Pembuatan kerajinan berbahan dasar lilin ini cukuplah sederhana dan mudah, dapat dilakukan oleh semua orang.

kerajinan bahan lunak lilinBila kita ingin membentuknya menjadi produk kerajinan yang unik atau seperti kita inginkan, kita hanya perlu mencairkannya dengan proses pemanasan di atas api atau kompor. Kemudian lilin yang mencair tersebut, tinggal kita cetak menggunakan tempat cetak yang kita inginkan. Teknik pembuatan kerajinan lilin biasanya dengan teknik ukir dan teknik cetak.

3. Kerajinan dari Sabun

kerajinan bahan lunak sabun 1Produk kerajinan bahan lunak buatan ada yang berbahan dasar dari sabun batangan. Hasil karya kerajinan dari sabun ini sangat unik. Sabun sendiri dapat diolah dengan dua cara :

  • Pertama mengukir sabun yang menghasilkan karya menyurupai binatang, buah dan flora ukiran.
  • Kedua dengan cara membentuk sabun itu sendiri. Sabun diparut hingga menjadi serbuk, kemudian dicampur dengan sagu dan sedikit air, lalu membuat adonan baru dari bahan tadi. Terakhir bentuk seperti membuat bentuk dari plastisin.

kerajinan bahan lunak sabun 2

TUGAS  .Gambarkan satu buah kerjinan bahan lunak serta. Sebukan alat dan bahan yang digunakan ( tugas ditulis di buku dikumpulkan menunggu pengumuman tidak perlu dikirim lewat WA )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar