SELAMAT DATANG DI WEBSITE SMP NEGERI 2 SAMBONG, KAB. BLORA, JAWA TENGAH

Selasa, 01 September 2020

MATERI B.ING KELAS 8 BAB II ....POSSESSIVE PRONOUN

Kata Ganti Kepemilikan (Possessive Pronoun)

Pengertian Possessive Pronoun

Dalam belajar bahasa Inggris, banyak hal yang harus dipelajari, salah satunya adalah mengenai pronoun. Pronoun merupakan kata ganti yang digunakan unutk menggantikan noun atau kata benda, sehingga akan menghindari dari adanya pengulangan kata yang membuat sebuah kalimat tidak efisien.

Pronoun sendiri terdiri atas beberapa jenis, salah satunya yang sering dipelajari adalah mengenai possessive pronoun atau kata ganti kepemilikan. Sesuai dengan arti dari namanya, jenis pronoun ini digunakan untuk menunjukkan adanya suatu kepemilikan atau ownership atas sesuatu. Mengapa pronoun ini patut untuk dipelajari?

Pada Bahasa Indonesia, Anda tidak sulit untuk menentukan kata ganti kepemilikan karena Bahasa Indonesia hanya menambahkan kata “milik” atau “punya”. Sebagai contoh : “buku itu punya saya/ buku itu milik saya”, “rumah itu milik saya”, “sepeda motor itu punya Rina”. Namun pada Bahasa Inggris, ada beberapa macam kepemilikan.

Mudahnya, possessive pronoun digunakan untuk menggantikan noun, sedangkan possessive adjective digunakan atau ditempatkan di sebelum noun untuk menggunakannya. Untuk lebih mengerti, mari kita lihat ulasan di bawah ini:

Di sebuah kalimat, possessive pronoun dapat berperan sebagai subject, subject complement, ataupun direct object.Ada dua macam bentuk kepemilikan, yakni possessive pronoun dan possessive adjective, kedua jenis possessive pronoun ini banyak yang mengira merupakan bentuk pronoun yang sama, padahal keduanya masih memiliki perbedaan.

Fungsi Possessive Pronoun

Possesive pronoun berfungsi sebagai kata ganti kepemilikan dengan posisi sebagai kata benda.

Kata ganti miliki yang pertama akan diulas adalah adjective possessive pronoun. Bentuk kata ganti ini berbeda-beda untuk setiap subjek yang digunakan. Berikut ini adalah tabel subjek dan kata ganti milik yang dapat digunakan.

Adjective Possessive Pronoun

Karakteristik dari adjective possessive pronoun adalah adanya kata benda (noun) yang mengikutinya. Untuk lebih jelasnya perhatikan contoh kalimat dengan adjective possessive pronoun 

  1. I am looking for my new bag.
    (Saya sedang mencari tas baru saya.)
  2. I will return her book next friday.
    (Saya akan mengembalikan buku dia/perempuan jum’at depan.)
  3. Don’t come to their home!
    (Jangan datang ke rumah mereka.)

Terlihat bahwa ada objek yang selalu mengikuti kata ganti adjektif,

Nominal Possessive Pronoun

Kata ganti milik bentuk ke dua adalah kata ganti milik nominal. Sama seperti halnya kata ganti milik adjektif, bentuk kata ganti ini juga berbeda-beda untuk setiap subjek yang digunakan. Berikut ini adalah tabel daftar kata ganti milik nominal.

Nominal Possessive Pronoun

Karakteristik nominal possessive pronoun adalah kata ganti yang tidak diikuti oleh kata benda (noun). Perhatikan contoh kalimat dengan kata ganti milik nominal berikut ini.

  1. This book is mine. (Buku ini miliki saya.)
  2. We have bought this car together, so it is ours. (Kita sudah membeli mobil ini bersama, jadi ini milik kita.)
  3. I have submitted my assignment, but they don’t bring theirs. (Saya telah mengumpulkan tugas saya, tetapi mereka tidak membawa punya mereka.)

Dapat diamati bahwa tidak ada objek yang mengikuti setelah kata ganti milik nominal.



Untuk lebih jelas dalam membandingkan possessive pronoun dan possessive adjective, perhatikan contoh kalimat berikut ini:

Possessive pronoun: Mine has broken. (Punya saya sudah rusak)

Possessive adjective : My phone has broken. (Telepon saya sudah rusak)

Possessive pronoun : I like yours better. (Saya lebih menyukai milikmu)

Possessive adjective : I like your denim jacket better. (Saya lebih menyukai jaket denimmu)

Possessive pronoun : They are taking ours soon. (Mereka akan mengambil milik kita sebentar lagi)

Possessive adjective : They are taking our paper test soon. (Mereka akan mengambil kertas ujian milik kita sebentar lagi)

Possessive pronoun : Yours are soon to arrive. (Milik Anda akan datang sebentar lagi)

Possessive adjective : Your new furniture is soon to arrive. (Perabotan milik Anda akan datang sebentar lagi)

Possessive pronoun : Theirs are the best to use when we started to get sick. (Punya mereka terbaik digunakan saat kita mulai sakit)

Possessive adjective : Their products are the best to use when we started to get sick. (Produk mereka terbaik digunakan saat kita mulai sakit)

Itulah dia contoh-contoh kalimat yang bisa Anda pelajari untuk mengetahui apakah itu possessive pronoun dan apakah itu possessive adjective. Dengan membandingkannya menggunakan satu kalimat yang sama, Anda akan dengan mudah menemukan perbedaan dari kedua bentuk jenis kata ganti kepemilikan tersebut.

Selain kedua jenis di atas, possessive nouns atau kata ganti kepemilikan juga dapat dibentuk dengan tanda apostrof (‘) dan ditambah huruf S, contoh:

• Jane’s book

• Ryan’s car

• Father’s motorcycle

Itulah dia ulasan mengenai kata ganti kepemilikan yang bisa digunakan dalam bahasa Inggris. Mungkin akan terlihat memusingkan di awal, namun jika Anda perhatikan lebih detail, sebetulnya mempelajari materi-materi dalam kursus bahasa Inggris tidaklah sulit untuk dilakukan.

Agar cepat menguasai materi yang diberikan jika Anda belajar bahasa Inggris sendiri. Anda bisa mencoba untuk menulis contoh sebanyak-banyaknya. Dengan begitu Anda akan terbiasa untuk membentuk kalimat ini dengan sendirinya.

Anda juga bisa mencoba untuk merangkai suatu tulisan yang memiliki komplektisitas, atau memiliki berbagai structure dalam satu kalimat. Anda bisa memasukkan jenis-jenis kata ganti bukan hanya mengenai kepemilikan tapi juga bentuk jenis pronoun lainnya. Teruslah berlatih agar bisa terbiasa. Selamat 

belajar


Lengkapi kalimat di bawah ini dengan possessive pronoun yang sesuai dengan konteks.

  1. I have a city car. The car is .

  2. The boots belong to Roy. They are .

  3. There is a pen under your desk. Is it ?

  4. I told her my secret, and she told me .

  5. Are those cables the mechanics'? No, they aren't .

  6. My pen is running out of ink. Can I borrow ?

  7. We have three horses. They are .

  8. He has a helmet. That helmet is .

  9. Is this scarf Diana's? Yes, it is .

  10. We haven't tested our strategy yet. Have you tested  lately?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar