Menyajikan Lisan dan Menulis Teks Deskripsi ( 4 )
Setelah
membaca, menelaah, melengkapi beragam contoh teks deskripsi, pada bagian ini
kita akan berkarya membuat teks deskripsi. Kegiatan bagian ini mengasah kita
untuk berkreasi menciptakan teks tanggapan deskripsi. Saatnya berkarya dan
yakinlah bahwa kita pasti bisa.
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
yang harus dicapai adalah:
·
Menyajikan secara lisan teks deskripsi
dalam konteks pembawa acara televisi mendeskripsikan objek.
·
Menulis teks deskripsi dengan
memperhatikan pilihan kata, kelengkapan struktur, dan kaidah penggunaan kata
kalimat/ tanda baca/ejaan.
Dalam upaya menumbuhkan sikap kepedulian
terhadap lingkungan sekitar, kedekatan dengan orang-orang tercinta, dan
menumbuhkan rasa nasionalisme dipilih tema tertentu yang relevan. Tema yang
dipilih untuk dideskripsikan misalnya berkaitan dengan kekayaan dan keindahan
Nusantara, mendeskripsikan orang-orang tercinta di lingkungan siswa, atau
tempat-tempat unik yang ada di sekitar siswa (museum di kotanya, tempat wisata
di daerah tempat tinggal siswa)
Contoh
Budaya daerah, wisata daerah, cindera
mata daerah, orang-orang sekitar/ makhluk di sekitar kita (mendeskripsikan
orang-orang tercinta ibu, ayah, anggota keluarga lain, guru, sahabat, tokoh,
binatang peliharaan, dll).
Bekal yang diperlukan untuk membuat teks
deskripsi adalah memahami prinsip penggunaan dan keterampilan bagian-bagain
seperti menggunakan kata benda, kata sifat, keterangan tempat, kata depan,
sinonim kata, kalimat rincian, kalimat bermajas.
Pembelajaran ini diharapkan dapat
mendorong kepedulian untuk menggunakan bahasa secara cermat (menyunting teks),
kepedulian terhadap budaya daerah, wisata daerah, cindera mata daerah
(mengerjakan tugas dengan tematema yang menimbulkan kepedulian terhadap
kekayaan budaya dan keindahan alam Nusantara), kepedulian terhadap orang-orang
sekitar/ makhluk di sekitar kita (mendeskripsikan orang tercinta ibu, ayah,
dll), jujur dalam memproduksi tugas, tanggung jawab dalam menyelesaikan tugas,
menumbuhkan kreativitas melalui kegiatan memvariasikan berbagai kata, kalimat,
atau bagian teks.
Tugas menulis teks deskripsi atau
menyajikan secara lisan dipilih sesuai dengan konteks kehidupan siswa. Tugas
menulis dilakukan secara bertahap mulai memilih ide, merencanakan kerangka,
mengembangkan ide menjadi paragraf, menata paragraf menjadi sebuah teks
deskripsi.
Siswa berproses untuk mencipta teks
deskripsi baik secara tulis maupun secara lisan. Secara tertulis siswa
menghasilkan tulisan dalam bentuk teks deskripsi. Dalam bentuk lisan, siswa
dapat menyajikan teks deskripsi dalam bentuk paparan lisan menggambarkan suatu
objek bersamaan dengan penayangan video pemandangan alam atau alat peraga
lainnya.
Setelah menyajikan lisan, kemudian tugas
berikutnya menulis teks deskripsi. Ada beberapa langkah yang harus diperhatikan
dalam menyusun teks deskripsi berikut, yaitu:
Langkah 1
Menentukan
subjek yang akan dideskripsikan dan membuat judul.
Judul
teks tanggapan deskriptif berisi objek yang akan dideskripsikan dengan
tanggapan personal penulis.
Langkah 2
membuat
kerangka bagian-bagian yang akan dideskripsikan.
Contoh Kerangka
Judul:
Sekolah Baruku
Kerangka
bagian-bagian yang akan dideskripsikan:
·
Gedung: ukuran (besar, kecil), kualitas (kokoh, modern,
bagus), warna (bercat biru), ruang belajar, ruang kepala sekolah, ruang guru,
ruang perpustakaan, lab, kantin, tempat ibadah, WC, dan lain seterusnya.
·
Halaman: lapang olah raga, lapang upacara bendera, tempat
parkir, tempat bermain, tempat melaksanakan kegiatan literasi, dan seterusnya.
·
Guru: jumlah guru, guru mata pelajaran, guru BK/BP, wali
kelas, pembimbing ekstra kurikuler, dan seterusnya.
·
Teman: jumlah teman sekelas, kondisi teman di kelas lain,
teman kegiatan pada ekstra kurikuler, dan seterusnya.
Langkah 3
Mencari
data tentang subjek yang akan ditulis. Data dicari dengan cara mengamati subjek
yang akan dideskripsikan.
Langkah 4
Menata
kalimat-kalimat menjadi:
·
Paragraf pembuka teks tanggapan
deskriptif/ identifikasi,
·
Paragraf deskripsi bagian
·
Paragraf deskripsi bagian
·
Paragraf deskripsi bagian dan
·
Paragraf penutup
Langkah 5
memerinci
objek/ suasana yang dideskripsikan dengan menggunakan kata dan kalimat yang
merangsang pancaindera. Pembaca yang tidak mengalami langsung seolah-olah
melihat, mendengar, dan merasakan apa yang dideskripsikan. Gunakan variasi kata
secara menarik.
Tugas.
1.
Tulislah teks deskripsi tentang “LingkunganTempat
Tinggalmu”
a.
Tentukan judul
b.
Kerangka karangan
c.
Tulislah teks deskripsi secara lengkap
berdasarkan kerangka karangan yang kamu buat )
Demikian
semoga ada manfaatnya. Selamat berlatih! Semoga Anda menjadi orang yang sukses!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar