SELAMAT DATANG DI WEBSITE SMP NEGERI 2 SAMBONG, KAB. BLORA, JAWA TENGAH

Rabu, 05 Agustus 2020

MATERI KELAS 8 UNSUR ESTETIKA DAN ERGONOMIS KERAJINAN BAHAN LUNAK

Unsur Estetika dan Ergonomis Produk Kerajinan Bahan Lunak

1. Unsur Estetika

Unsur Estetika

Unsur estetika atau disebutnya dengan keindahan. Keindahan merupakan sebuah hasil nilai estetis yang menyertai hasil karya seni yang di dapat. Nilai keindahan atau (estetik) keunikan karya seni mempunyai system : kesatuan, keselarasanan , keseimbangan, dan kekontrasan, sehingga dapat menciptakan perasaan yang nyaman, bahagia, dan rasa yang amat senang.

2. Unsur Ergonomis

Unsur Ergonomis

Unsure Ergonomis merupakan sebuah karya yang dapat dikaitkan dengan aspek fungsi atau kegunaan, contoh seperti dibawah ini.

  1. Keamanan merupakan sebuah jaminan bagi orang yang menggunakan produk kerajinan.
  2. Kenyamanan merupakan rasa nyaman yang timbul jika produk kerajinan tersebut digunakanya
  3. Keluwesan merupakan hal keluwesan dari penggunaan. produk kerajinan adalah sebuah hasil produk yang didapat dari suatu kerajianan sesuai dengan kegunaan atau terapannya.

Motif Beragam Hias Produk Kerajinan dari Bahan Lunak

Motif Beragam Hias Produk Kerajinan dari Bahan Lunak

Berbagai hasil motif ragam hias dapat digunakan sebagai penghias dari karya kerajinan antara lain seperti berikut ini.

1. Motif Realis

Motif realis merupakan hasil motif yang dibuat dengan bentuk yang nyata dan motif realis ada di alam sekitar seperti pada tumbuh-tumbuhan, binatang, dan lainya.

2. Motif Geometris

Motif geometris merupakan hasil sebuah motif yang teratur, dapat diukur dengan menggunakan alat ukur, contoh seperti bentuk segiempat, segitiga, dan lainya. Motif geometris merupakan sebuahmotif yang tertua dalam ragam hias, dalam hal ini motif geometris karena sudah dikenanl sejak zaman prasejarah.

3. Motif Dekoratif

Motif dekoratif merupakan sebuah menggambar dengan tujuan untuk mengolah pada permukaan benda hingga menjadi lebih indah lagi. Untuk memperoleh gambar dekoratif, maka perlu dilakukanya deformasi atau penstiliran alami. Bentuk objek di alam dimudahkan tanpa menginggalkan sedikitpun bentuk aslinya. Contoh seperti, bunga,hewan, dan lainya.

4. Motif Abstrak

Motif abstrak merupaka sebuah motif yang tidak dapat dikenal kembali oleh objek asal. Hal ini dikarenakan gambaran atau abstrak tidak menggambarkan pada objek-objek yang terdapat di alam atau hanyalah khayalan saja.


TUGAS 

Gambarkan salah satu motif yang mengandung nilai estetika pada buku tugasmu dengan memilih salah satu dari empat motif diatas !  (diwarnai )

Tugas tidak perlu dikirim lewat WA, dikumpulkan menunggu pengumuman


Tidak ada komentar:

Posting Komentar