SELAMAT DATANG DI WEBSITE SMP NEGERI 2 SAMBONG, KAB. BLORA, JAWA TENGAH

Senin, 10 Agustus 2020

MATERI PKN DARING TANGGAL 11 AGUSTUS 2020 KELAS VIII

 MATERI PKN DARING TANGGAL 11 AGUSTUS 2020 KELAS VIII

MEMBIASAKAN PERILAKU SESUAI NILAI-NILAI PANCASILA DALAM BERBAGAI KEHIDUPAN


Pembiasaan sikap dan perilaku yang sesuai dengan nilai Pancasila sangat penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Contoh membiasakan perilaku sesuai nilai Pancasila dalam lingkungan keluarga misalnya : taat dan patuh terhadap orang tua, beribadah bersama dengan orang tua.

Membiasakan perilaku sesuai dengan nilai Pancasila dalam lingkungan sekolah contohnya : mentaati tata tertib sekolah, melaksanakan piket dikelas.

Membiasakan perilaku sesuai dengan nilai Pancasila dalam lingkungan pergaulan contohnya : menghargai pendapat teman, bermusyawarah dalam menyelesaikan masalah.

Tugasmu yaitu menjawab pertanyaan berikut di buku catatan PKN

1. Beri contoh sikap membiasakan perilaku sesuai nilai Pancasila dilingkungan keluarga dan sekolah, masing-masing 3 contoh!

2. Mengapa sila Pancasila tidak dapat dilaksanakan secara terpisah?


MATERI PKN DARING TANGGAL 11 AGUSTUS 2020 KELAS IX

PERWUJUDAN NILAI-NILAI PANCASILA DALAM BERBAGAI KEHIDUPAN


Tata urutan Pancasila memiliki makna saling dijiwai dan menjiwai oleh sila sebelum dan sesudahnya. Oleh karena itu, tata urutan Pancasila tidak dapat diubah karena akan menghilangkan makna Pancasila sebagai satu kesatuan. Perwujudan nilai Pancasila dalam bidang sosial budaya diwujudkan dalam tujuan pembangunan nasional, yaitu terwujudnya masyarakat adil dan makmur berdasarkan Pancasila, sistem nilai sosial dan budaya dalam masyarakat dikembangkan sesuai dengan nilai Pancasila agar lebih terarah, maju dan modern. Nilai sosial yang sudah ada di masyarakat dan sesuai dengan  Pancasila, contohnya kekeluargaan, musyawarah dan gotong royong.


Tugasmu adalah 

1. Carilah sistem nilai dalam Pancasila dibidang pertahanan dan keamanan khususnya dalam pasal 30 Ayat 1. Tulislah bunyi pasal tersebut!

2. Jelaskan arti modernisasi!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar