SELAMAT DATANG DI WEBSITE SMP NEGERI 2 SAMBONG, KAB. BLORA, JAWA TENGAH

Rabu, 11 November 2020

PRAKARYA KELAS 8 BAB TIK ( ASPEK REKAYASA )

 Sejarah Perkembangan TIK dari Masa Lalu Sampai Sekarang




Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) adalah istilah yang menggambarkan pemrosesan umum dan komunikasi informasi melalui teknologi. Dalam kasus studi saat ini, TIK mencakup sejumlah teknologi, seperti teknologi seluler, surel, pesan instan dua arah, ruang obrolan, blog, halaman web dan video game. Hadirnya semua teknologi canggih saat ini tidak terlepas dari sejarah TIK yang panjang.

Teknologi yang hadir saat ini kemudian diklasifikasikan ke preferensi penggunaan Internet, kegiatan media online, komunikasi digital, kegiatan pembelajaran yang difasilitasi TIK, kegiatan sosial / ekonomi yang difasilitasi TIK, dan permainan video.

Pengertian Teknologi Informasi dan Komunikasi

Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) adalah istilah yang lebih luas untuk Teknologi Informasi (TI), yang mengacu pada semua teknologi komunikasi, termasuk internet, jaringan nirkabel, ponsel, komputer, perangkat lunak, middleware, konferensi video, jejaring sosial, dan lainnya.

TIK adalah aplikasi dan layanan media yang memungkinkan pengguna untuk mengakses, mengambil, menyimpan, mengirim, dan memanipulasi informasi dalam bentuk digital.

TIK juga digunakan untuk merujuk pada konvergensi teknologi media seperti jaringan audio-visual dan telepon dengan jaringan komputer melalui sistem perpaduan kabel yang terpadu (termasuk distribusi dan manajemen sinyal) atau sistem tautan.


Namun, tidak ada definisi TIK secara universal dan pakem mengingat konsep, metode dan alat yang terlibat dalam TIK terus berkembang hampir setiap hari. Hadirnya TIK membuat pengiriman pesan lebih cepat, lebih mudah diakses, dipahami dan ditafsirkan.


Menggunakan gadget seperti ponsel, Internet, jaringan nirkabel, komputer, radio, televisi, satelit, stasiun pangkalan sangat memudahkan masyarakat saat ini. Hadirnya kemajuan TIK digunakan untuk membuat, menyimpan, berkomunikasi, mengirim dan mengelola informasi.


Teknologi Informasi dan Komunikasi sendiri adalah bidang yang memiliki jangkauan luas. TIK secara eksistensinya berkaitan dengan teknologi komunikasi dan bagaimana hal itu berdampak pada bidang usaha manusia lainnya.


TIK adalah bidang studi akademik yang tumbuh paling cepat dan sumber mata pencaharian yang paling menarik. TIK adalah konvergensi jaringan telepon dan komputer melalui sistem kabel tunggal dengan kemudahan penyimpanan data, manipulasi, manajemen, dan pengambilan yang berkaitan dengan manajemen basis data, pemrograman komputer, dan pengembangan software.


Perancangan web, pengembangan aplikasi mobile, manajemen proyek, keamanan, analisis jaringan, peralatan media, teknik komputer, studi komputer, internet, intranet, protokol internet, perangkat lunak sistem, perangkat lunak aplikasi, teknologi sinyal, manajemen stasiun pangkalan dll adalah hal yang tidak terpisahkan dari hadirnya TIK.


 Sejarah Perkembangan TIK


Sejarah perkembangan TIK dari masa lalu sampai sekarang adalah sebagai berikut :

1. Hewlett Packard Didirikan Tahun 1939

David Packard dan Bill Hewlett menemukan Hewlett-Packard di garasi Palo Alto, California. Produk pertama mereka adalah HP 200A Audio Oscillator, yang dengan cepat menjadi alat uji yang populer bagi para insinyur.

Walt Disney memesan delapan dari model 200B untuk digunakan sebagai generator efek suara untuk film 1940 “Fantasia”.

 2.Apple Diluncurkan Tahun 1976

 Steve Wozniak merancang Apple I, sebuah single-board compute. Dengan spesifikasi di tangan dan pesanan untuk 100 mesin seharga $ 500 masing-masing dari Byte Shop, ia dan Steve Jobs memulai bisnis mereka. Sekitar 200 mesin terjual sebelum perusahaan mengumumkan Apple II sebagai komputer lengkap.


 3.Hard Disk Drive Pertama (HDD) Hadir di Tahun 1980

Seagate Technology menciptakan hard disk drive pertama untuk mikrokomputer, ST506. Disk menampung 5 megabyte data, lima kali lipat dari floppy disk standar, dan sesuai dengan ruang drive floppy disk.

Seagate dengan cepat menarik pelanggan besar seperti Apple Computer dan IBM. Dalam beberapa tahun, telah terjual 4 juta unit.

 4. Google Diluncurkan Tahun 1998

Google awalnya hadir pada Januari 1996 sebagai proyek penelitian oleh Larry Page dan Sergey Brin ketika mereka berdua adalah mahasiswa PhD di Stanford University di California.

Nama domain untuk Google didaftarkan pada 15 September 1997, dan perusahaan itu didirikan pada 4 September 1998. Pada Mei 2011, pengunjung unik Google melampaui 1 miliar untuk pertama kalinya. Pendapatan operasional pada tahun 2010 melebihi $ 29 miliar.

5. Facebook Hadir Tahun 2004

Facebook adalah layanan jejaring sosial dan situs web yang diluncurkan pada Februari 2004, dioperasikan dan dimiliki secara pribadi oleh Facebook Inc. Facebook saat ini memiliki lebih dari 800 juta pengguna aktif dan nilai sekitar 41 miliar dolar AS.

TUGAS

Apa yang dimaksud dengan TIK dan jelaskan perkembangan TIK yang kamu ketahui !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar