SELAMAT DATANG DI WEBSITE SMP NEGERI 2 SAMBONG, KAB. BLORA, JAWA TENGAH

Rabu, 11 November 2020

PRAKARYA 7 BAB PENJERNIHAN AIR ASPEK REKAYASA

                                                          PENJERNIHAN AIR



Proses penjernihan air sangat membantu orang-orang mendapatkan di banyak tempat. Lewat proses ini, air yang semula kotor dan berkuman jadi aman digunakan bahkan layak dikonsumsi. Hal ini pun kemudian semakin lazim dilakukan, bukan hanya skala besar namun juga secara kecil-kecilan di rumah.Kelangkaan air saat ini telah jadi fenomena yang terjadi di banyak tempat, termasuk pula di beberapa wilayah Indonesia.Mereka yang berada di pelosok harus berjalan berkilometer untuk bisa mendapatkan air.Itu juga belum tentu bersih dan aman dikonsumsi.





Mengenal Jenis-Jenis Penjernih Airdari Bahan Alami

Dari beberapa cara pengolahan air sebagai air minum, cara yang paling sederhana adalah dengan menggunakan pengolahan secara fisika. Pengolahan fisika yang memenuhi standar fisik air sebagai bahan baku air minum yang meliputi bau, rasa, tingkat kejernihanair, jumlah zat yang terlarut, suhu, dan warnanya. Pengolahan airsecara fisika dilakukan melalui beberapa tahapan,:

1. Penyaringan

Penyaringan atau filtrasi merupakan proses pemisahan padatanyang terlarut di dalam air. Pada proses ini, filter berperan memisahkanair dari partikel-partikel padatan. Bahan padatan yang disaringuntuk dipisahkan dari air antara lain kayu, daun, pasir, dan lumpur.

2. Pengendapan

Pengendapan bertujuan untuk memisahkan air dan partikel-partikel padat yang terdapat di dalam air dengan memanfaatkan gaya gravitasi. Benda atau padatan yang berat jenisnya lebih besardaripada air akan mengendap di dasar bak pengendapan.

3. Absorbsi

Absorbsi merupakan peristiwa penyerapan bahan-bahan tertentuyang terlarut di dalam air. Bahan yang digunakan untuk menyerapdisebut absorben. Absorben inilah yang akan digunakan sebagaifilter. Umumnya absorben yang digunakan adalah karbon aktif.

Contoh: arang batok kelapa dan batu bara.

4. Adsorpsi

Adsorpsi merupakan proses penangkapan ion-ion yang terdapatdi dalam air. Zat penangkap ion disebut sebagai adsorben. Adsorbenyang biasa digunakan dalam proses adsorpsi adalah zeolite dan resin

TUGAS

Jelaskan manfaat penjernihan air dan gambarkan desain penjernihan air sederhana yang kamu ketahui




Tidak ada komentar:

Posting Komentar