SELAMAT DATANG DI WEBSITE SMP NEGERI 2 SAMBONG, KAB. BLORA, JAWA TENGAH

Jumat, 15 Januari 2021

BAB III KETERGANTUNGAN ANTARRUANG DAN PENGARUHNYA TERHADAP KESEJAHTERAAN MASYARAKAT

 

B.    Mengembangkan Ekonomi Kreatif  Berdasarkan Potensi  Wilayah Untuk Meningkatkan Kesejahteraan  Masyarakat.

1.      Konsep Ekonomi  Kreatif

Kreativitas ialah kemampuan seseorang melahirkan sesuatu yang baru.  Wirausahaan ialah orang yang  mempunyai kemampuan melihat dan  menangkap  peluang bisnis.  Ekonomi kreatif ialah konsep ekonomi baru yang mengintensifkan informasi dan kreativitas dengan mengandalkan ide-ide dan pengtahuan dari sumberdaya manusia .

 Berdasarkan  INPRES No. 6/2009 , untuk mengembangkan ekonomi kreatif  pemerintah mengembangkan kegiatan ekonomi berdasrkan kreativitas, ketrampilan, bakat individu untuk menciptakan daya kreasi dan daya cipta.  Iingkup Industri Kreasi meliputi 16 poin yaitu :

a.       Periklanan,   yaitu komunikasi satu arah dengan menggunakan media tertenntu.

b.      Musik, yaitu  kreasi, pertunjukkan reproduuksi dan disribusi dari rekaman suara

c.       Seni Pertunjukkan, ialah usaha pengembangan  produksi pertunjukkan . Misalnya pertunjukkan wayang kulit, tarian traadisional, dll

d.      Kerajinan / craft, ialah kreasi produksi dan disribusi produk yang  dibuat oleh pengrajin.

e.       Televisi dan Radio yaitu usaha  kreasi produksi  dan pengemasan acara televisi dan radio 

f.       Arsitektur ialah  desain bangunan secara menyeluruh baik dari tingkat makro maupun mikro.

g.      Pasar Barang Seni yaitu perdagangan barang asli, unik, lanka yang memiliki nilai seni dan sejarah yang tinggi.

h.      Fashion/ Fesyen, ialah kreasi desain pakaian , als kaki, aksesori,  mode lainnya.

i.        Permainan Interaktif/game   ialah  kreasi produksi dan distribusi permainan komputer  dan video bersifat menghbur, edukasi, ketangkasan.

j.        Penertiban dan Percetakan, ialah  penulisan dan penerbitan  buku, Koran, majalah, tabloid, jurnal dan berita digital.

k.      Layanan Komputer dan  Pirati lunak / sofware, ialah   pengembangkan teknologi informasi , pengolahan data, pengembangan piranti lunak  dan piranti keras eta perawatannya.

l.        Desain industry Kreatif ialah  kreasi desain grafis interior, produk, industry, riset pemasaran, pengepakan .

m.    Video, Film, Fotografi, ialah  kreasi video, film, fotografi serta distribusinya .

n.      Riset dan Pengembangan, ialah  kegiatan yang berkaitan denan usaha inovatif , menawarkan penemuan  ilmu dan teknologi untuk perbaikkan produk dan kreasi produk baru.

2.      Upaya  Meningkatkan  Ekonomi Kreatif

a.       Memberikan perlindungan hukum  dan insentif bagi karya industry  kreasi.

b.      Membentuk Indonesia  Creative  Council

c.       Membuat program komprehensif  untuk menggerakkan industry kreatif melalui pendidikan, pengembangan pasar, pengembangan sumberdaya manussia,

d.      Menyiapkan insentif

e.       Membuat Roadmap Industri Kreatif.

Kementrian Perdagangan melakukan upaya pengembangan ekonomi kreatif untuk mewujudkan strateegi pemerintah  dengan  langkah sebagai berikut :

1.      Peningkatan penggunaan Teknologi melalui Program Kemitraan.

Bentuk kegiatan dapat berupa   capacity building melalui Training Of Trainerr (TOT), fasilitas infrastruktur keerja kepada beerapa peserta training terbaik.

2.      Pekan Produk Kreatif  Indonesia (PPKI)

Kegitan ini dapat beupa pameran, konensi, gelar seni budaya melalui seminar, dialog Dubes, pelatihan, klinik konsultasi, talk show

3.      Festival Ekonomi Kreatif

4.      Wahana Kreasi, yaitu meemperkenalkan dan mempromosikan produk Indonesia (dipajaang/pamerkan di tempat wista, bandara internasional)

5.      Peningkataan Jangkauan daan Efektivitas Pemasaran

6.      Riset ekonomi Kreatif dan Fasilitas Peemberian Insentif yang Mendukung Inovasi

7.      Fasilitas Kegitan yang Mendorong  Lahirnya Insan Kreatif

8.      Penciptaan Identitas Lokal  Daeraah Tingkat I dan II serta Nasional

 

LATIHAN SISWA!

1.      Apa yang harus dimiliki seorang pengusaha agar produksi yang dihasilkan disukai masyarakat?

2.      Mana yang lebih dibutuhkan oleh seseorang yang akan membuka usaha antara modal dan kreatifitas?

3.      Bagaimana prospek industry kreatif  bagi peningkatan ekspor Indonesia ke Negara lain?

                              ~selamat mengerjakan~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar