SELAMAT DATANG DI WEBSITE SMP NEGERI 2 SAMBONG, KAB. BLORA, JAWA TENGAH

Rabu, 21 Oktober 2020

Materi IPA Kelas 7 Semester 1 | KUNCI DETERMINASI / KUNCI DIKOTOMI

 

 


Bagaimana kabar kalian hari iniSemoga tetap sehat walafiat ... Amin ... amin ... amin ... ya robbal a'lamin

Salam sehat selalu ..........


Materi pelajaran yang kalian pelajari hari ini:  Kamis, 22 Oktober 2020 adalah tentang Kunci Determinasi atau Kunci Dikotomi

Dalam sistem klasifikasi juga dikenal tentang kunci determinasi. Kunci determinasi atau kunci dikotomi ialah cara atau langkah untuk mengenali organisme dan menentukan famili, genus, dan species suatu makhluk hidup. Kunci dikotomi berisi deskripsi ciri-ciri organisme yang disajikan dengan karakter berlawanan. Kunci determinasi merupakan sederetan pernyataan yang terdiri atas dua baris pernyataan dengan ciri yang berlawanan.

Berikut beberapa tahapan dalam menggunakan kunci determinasi.

a)  Mengambil objek yang akan diidentifikasi secara lengkap. Sebagai contoh, mengambil seluruh bagian tumbuhan (akar, batang, daun, buah, biji, dan bunga).

b)  Menggambarkan dan mengidentifikasi objek dengan bantuan alat pembesar, seperti lup atau mikroskop.

c)  Mencocokkan hasil pengamatan dengan kunci determinasi yang memuat ciri-ciri objek, dengan langkah sebagai berikut:

1)  Membaca sifat makhluk hidup mulai dari awal, yaitu nomor 1a. Cocokkan ciri-ciri tersebut pada kunci determinasi dengan ciri-ciri pada makhluk hidup yang diamati.

2)  Jika ciri-ciri pada nomor 1a tidak sesuai dengan ciri makhluk hidup yang diamati, maka beralih pada pernyataan yang ada di bawahnya dengan nomor yang sesuai, yaitu pernyataan 1b.

3)  Jika ciri-ciri yang terdapat pada kunci determinasi sesuai dengan ciri yang dimiliki makhluk hidup yang kita amati, catatlah nomornya. Lanjutkan pembacaan kunci pada nomor yang sesuai dengan nomor yang tertulis di akhir setiap pernyataan pada kunci.

4)        Jika salah satu pernyataan ada yang cocok atau sesuai dengan makhluk hidup yang diamati, alternatif lainnya akan gugur. Sebagai contoh, kunci determinasi memuat pilihan:
1a. Memiliki tulang belakang, atau
1b. Tidak memiliki tulang belakang.

Jika yang dipilih adalah 1a (Memiliki tulang belakang), pilihan 1b gugur.

5)  Demikian seterusnya sehingga diperoleh nama atau kelompok objek dan menuliskan rumus determinasinya.


Perhatikan contoh soal dan pembahasannya berikut ini!

      Perhatikan kunci determinasi di bawah ini.



Kunci determinasi untuk mengidentifikasi hewan kadal adalah ....

A.    1a-2b-3b-4b-5b

B.    1a-2b-3b-4a-5b

C.    1a-2b-3a-4a-5a

D.    1a-2b-3b-4b-5a

Kunci Jawaban  :  A

Pembahasan       :  Perhatikan ciri-ciri kadal yang akan kita identifikasi. Pembacaan kunci dikotomi atau kunci determinasi dimulai dari angka terkecil, yaitu 1. Pada nomor 1 ciri-ciri kadal sesuai dengan poin a) yaitu hewan bertulang belakang. Kemudian pembacaan dilanjutkan ke nomor 2. Pada nomor 2, ciri-ciri kadal adalah tidak menyusui anaknya sehingga kita pilih poin b). Pembacaan dilanjutkan ke nomor 3 dengan memilih poin b) karena kadal tubuhnya tidak ditutupi bulu. Pembacaan dilanjutkan ke nomor 4, dengan memilih poin b) karena kadal bergerak tidak dengan sirip. Pembacaan lanjut ke nomor 5, dengan memilih poin b) karena kadal memiliki ciri kulitnya tidak selalu basah. Jadi urutan kunci dikotomi kadal adalah 1a-2b-3b-4b-5b. 




Tuliskan dan kerjakan soal-soal berikut ini di buku latihan kalian!

Perhatikan kunci determinasi berikut ini!


Tuliskan urutan kunci dikotomi pada:
a.   Katak
b.   Ikan
c.   Burung Merpati






Tidak ada komentar:

Posting Komentar