SELAMAT DATANG DI WEBSITE SMP NEGERI 2 SAMBONG, KAB. BLORA, JAWA TENGAH

Jumat, 08 Januari 2021

PROCEDURE TEXT|KELAS 9,SEMESTER 2.1|SABTU,9 JANUARI 2021

PROCEDURE TEXT

OLEH : HARTATI,S.Pd

 

Procedure text adalah suatu text yang menggambarkan bagaimana sesuatu dapat dibuat atau di gunakan melalui serangkaian langkah – langkah.

Tujuan procedure text adalah memberi petunjuk tentang langkah – langkah atau metode atau cara – cara dalam membuat ,mengoperasikan atau melakukan sesuatu.

Struktur teks ( Generic Structure ).

1.    Goal / Aim berisi tujuan kegiatan atau hal yang akan dilakukan atau dibuat nantinya.

2.    Materials / tools berisi bahan – bahan dan kadang alat – alat yang dibutuhkan untuk membuat sesuatu barang / membuat suatu hal.Dalam procedure text materials bersifat optionals.

3.    Steps serangkaian langkah – langkah atau tips yang harus dilakukan

4.    Conclution / result berisi hasil akhir dari apa yang telah dikerjakan sesuai dengan langkah – langkah yang dilakukan.

Unsur Kebahasaan

a.    Imperative : kalimat – kalimat perintah

b.    Simple Present tense

c.    Action verb : kata kerja yang menunjukkan kegiatan fisik

d.    Connection of sequence : kata penghubung yang menghubungkan langkah yang satu dengan yang lainnya.

e.    Numbering : angka – angka yang menunjukkan urutan kegiatan

Contoh Procedure Text

How to Grow Sunflower

Materials :

·         Sunflower seeds

·         Compost

·         Topsoil and burnt soil

·         Pod or used containers

·         Some pebbels

·         A stick

Instructions :

1.       Put some pebbles into the pod

2.       Mix topsoil with burnt soil in another container.

3.       Pour them into the pod

4.       Dig a little hole in the pod using a stick

5.       Place the sunflower seeds in it

6.       Layer them with the mixed soil

7.       Add compost on top of the mixed soil.

Answer the following questions !

1.       The text gives a guidance for its readers to …

2.       What sort of used container we can probably use to grow sunflowers ?

3.       What should you do before placing the sunflower seeds in the pod ?

 

Jika mengalami kesulitan hubungi 085471691129 

DESCRIPTIVE TEXT|KELAS 7|SABTU,9 JANUARI 2021

 

DESCRIPTIVE TEXT

OLEH :

HARTATI,S.Pd

Descriptive text adalah salah satu genre tulisan.Tulisan dengan genre ini berisi descripsi dari suatu benda,bentuk benda dan tempat,karateristik , sifat dan benda tersebut dan lain – lain.

Tulisan dengan genre ini bertujuan untuk menggambarkan dengan detail dan jelas tentang sesuatu yang menjadi topic tulisan.

Generic Structute :

1.    Identification.Bagian ini menerangkan benda apa yang akan dideskripsikan

Description. Bagian ini deskripsi benda tersebut,berisi detail karakteristik,sifat dll

Contoh :

I have an idol.My idol is Evan Dimas. He is a football player freom Indonesia. He was born in Surabaya. His birthday is on March 13TH in 1995.  He plays as a nidfielder in Indonesia National Football team.In 2013 , he successfull7y led the team to win 2013 AFF U – 19 Youth Championship over Vietnam.

About this physical appearance , his height is noy too tall for an International Football player. He is 173 cm tall. But for most Indonesians, he is fairly tall.His eyesbrows are thick. His eyes are round .He has a flatnose.He always cuts his hair short.And he has fair skin.After all , he has a friendly round face.He always shows his wide smile whenever his team win a match. I like him because he plays very well for Indonesia.He is so strong when playing football . I want to like him someday.

Answer the following questions !

1.    Who is Evan Dimas ?

2.    When was he born ?

3.    Where was he born ?

4.    How is his hair ?

5.    How is his height ?

6.    How is his nose ?

7.    How are his eyes ?

8.    How is his skin ?

9.    Why does the writer like Evan ?

10.  If now is 2016,how old is he now ?

 

 

Jika mengalami kesulitan hubungi no. WA 085741691129

BAB III AKTIFITAS MANUSIA DALAM MEMENUHI KEBUTUHAN ( ips kelas 7 )

a.kelangkaan dan kebutuhan manusia 1.Kelangkaan sebagai Permasalahan Ekonomi. Kebutuhan manusia demikian banyak, sedangkan barang – abarang dan jasa serta sumber – sumber alam lain jumlahnya terbatas dan langka. Sumber daya antara daerah yang satu dengan daerah lain tidak sama. Bebrapa daerah yang tersedia secara melimpah dan sebagian daerah lain tersedia sumber daya yang sedikit sehingga terjadi interaksi antar daerah untuk memenuhi kebutuhan. Kelangkaan sumber daya disbanding dengan kebutuhan manusia akan menyebabkan kurangnya atau tidak terpenuhinya sebagian atau seluruh kebutuhan untuk hidup. Kelangkaan ini merupakan masalah ekonomi manusia. Masalah ekonomi muncul karena adanya kebutuhan manusia yang terbatas, sedangkan alat pemuas kebutuhan yang berupa barang dan jasa terbatas adanya. Ketidakseimbangan antara kebutuhan dan ketersediaan alat pemuas kebutuhan itu disebut kelangkaan. Untuk mengatasi masalah kelangkaan, maka perlu belajar ilmu ekonomi. Ekonomi berasal dari bahasa Yunani Oikonomia yang berarti rumah tangga. Oikonomia merupakan kata majemuk yang terdiri dari dua kata “Oikos” dan “Nomos”. Oikos artinya rumah tangga dan nomos artinya aturan. Jadi arti kata ekonomi berarti aturan rumah tangga atau ilmu yang mengatur rumah tangga. Ilmu ekonomi termasuk kelompok ilmu social. Para pakar ekonomi memberi batasan – batasan yang berbeda – beda tentang pengertian ilmu ekonomi. Meskipun definisi atau batasan yang mereka berikan berbeda tetapi pada dasarnya mengandung makna yang sama. Definisi ilmu ekonomi yang sering digunakan “Ilmu Ekonomi adalah ilmu pengetahuan social yang mempelajari tingkah laku manusia dalam memenuhi kebutuhan untuk mencapai kemakmuran”. Berdasar definisi itu, maka dapat diambil kesimpulan bahwa kemakmuran akan tercapai bila kebutuhan sudah terpenuhi. Untuk mencapai kemakmuran itu manusia harus selalu berusaha melakukan tindakan – tindakan atau pengorbanan, baik berupa tenaga, waktu maupun materi. Di kota – kota umumnya terdapat pemukiman kumuh dihuni para pendatang yang belum berhasil mewujudkan impiannya. Daerah terpencil terjadi karena secara geografis terletak di daerah yang sulit dijangkau seperti dilereng gunung, di kepulauan maupun di tengah hutan. Daerah tersebut mengalami perubahan pembangunan, meskipun sebenarnya kaya sumber daya alam. Pembangunan dan pengembangan wilayah di Indonesia harus disesuaikan dengan kondisi geografis dan kondisi social masyarakat. Kondisi geografis wilayah Indonesia yang beragam harus disikapi dengan pembangunan sarana perhubungan. Banyak daerah tidak dapat dijangkau karena kondisi jalan rusak parah seperti jalan – jalan di kawasan Sumatra dan Kalimantan. Pemukiman kumuh menjadi polemic di perkotaan. Pembangunan di segala sector, termasuk di desa hendaknya memperhatikan kondisi social ekonomi yang berlaku di masyarakat sehingga tidak terjadi ketimpangan. Hubungan antar pulau disikapi dengan membangun jalur pelayaran dan penerbangan. Jalur pelayaran dilakukan dengan membangun pelabuhan dan jalur penerbangan dengan membangun bandara. Upaya pengembangan wilayah antar pulau, penyediaan pelayaran dan penerbangan merupakan prioritas yang terus dirintis. Aspek social harus diperhatikan dalam pengembangan wilayah agar proses pembangunan tidak berbenturan dengan nilai – nilai masyarakat setempat. Berdasarkan kajian wilayah dan kondisi wilayah yang berbeda tersebut menyebabkan masalah ekonomi yang rumit. Terjadi kesenjangan sumber daya diantara wilayah – wilayah tersebut. Di suatu daerah kelebihan sumber daya dan di daerah lain kekurangan sumber daya. Kesenjangan tersebut menimbulkan permasalahan ekonomi terutama dalam penyediaan barang dan jasa. Salah satu upaya agar tidak terjadi kesenjangan ekonomi tersebut sebaiknya pendistribusian sumber daya termasuk didalamnya distribusi sumber daya manusia. Dari uraian tadi jelas bahwa kebutuhan manusia demikian banyaknya, sedangkan barang – barang dan jasa serta sumber – sumber alam lain yang menjadi bahan untuk menghasilkan barang dan jasa yang jumlahnya terbatas atau langka. Kelangkaan sumber daya dibandingkan dengan kebutuhan manusia akan menyebabkan kurangnya atau tidak terpenuhinya sebagian atau seluruh kebutuhan hidup. Tidak terpenuhinya kebutuhan manusia itu berarti munculnya masalah pemenuhan kebutuhan, yang kemudian masalah itu dikenal dengan masalah ekonomi. PERTANYAAN 1.Jelaskan pengertian kelangkaan! 2.Babgaimana cara menghadapi kelangkaan! 3.Jelaskan pengertian kebutuhan!

BAB III AKTIVITAS MANUSIA DALAM MEMENUHI KEBUTUHAN ( kelas 7 )

A. KELANGKAAN DAN KEBUTUHAN MANUSIA 1.Kelangkaan sebagai Permasalahan Ekonomi. Kebutuhan manusia demikian banyak, sedangkan barang – abarang dan jasa serta sumber – sumber alam lain jumlahnya terbatas dan langka. Sumber daya antara daerah yang satu dengan daerah lain tidak sama. Bebrapa daerah yang tersedia secara melimpah dan sebagian daerah lain tersedia sumber daya yang sedikit sehingga terjadi interaksi antar daerah untuk memenuhi kebutuhan. Kelangkaan sumber daya disbanding dengan kebutuhan manusia akan menyebabkan kurangnya atau tidak terpenuhinya sebagian atau seluruh kebutuhan untuk hidup. Kelangkaan ini merupakan masalah ekonomi manusia. Masalah ekonomi muncul karena adanya kebutuhan manusia yang terbatas, sedangkan alat pemuas kebutuhan yang berupa barang dan jasa terbatas adanya. Ketidakseimbangan antara kebutuhan dan ketersediaan alat pemuas kebutuhan itu disebut kelangkaan. Untuk mengatasi masalah kelangkaan, maka perlu belajar ilmu ekonomi. Ekonomi berasal dari bahasa Yunani Oikonomia yang berarti rumah tangga. Oikonomia merupakan kata majemuk yang terdiri dari dua kata “Oikos” dan “Nomos”. Oikos artinya rumah tangga dan nomos artinya aturan. Jadi arti kata ekonomi berarti aturan rumah tangga atau ilmu yang mengatur rumah tangga. Ilmu ekonomi termasuk kelompok ilmu social. Para pakar ekonomi memberi batasan – batasan yang berbeda – beda tentang pengertian ilmu ekonomi. Meskipun definisi atau batasan yang mereka berikan berbeda tetapi pada dasarnya mengandung makna yang sama. Definisi ilmu ekonomi yang sering digunakan “Ilmu Ekonomi adalah ilmu pengetahuan social yang mempelajari tingkah laku manusia dalam memenuhi kebutuhan untuk mencapai kemakmuran”. Berdasar definisi itu, maka dapat diambil kesimpulan bahwa kemakmuran akan tercapai bila kebutuhan sudah terpenuhi. Untuk mencapai kemakmuran itu manusia harus selalu berusaha melakukan tindakan – tindakan atau pengorbanan, baik berupa tenaga, waktu maupun materi. PERTANYAAN 1.Jelaskan apa yang dimaksud kelangkaan! 2.Bagaimana cara mengatasi kelangkaan! 3.Jelaskan pengertian ekonomi!

BAB III KETERGANTUNGAN ANTARRUANG DAN PENGARUHNYA TERHADAP KESEJAHTERAAN MASYARAKAT

 

A.    Perdagangan Internaional

1.      Pengertian  Perdagangan Internasional yaitu  kegiatan ekspor – impor barang/jasa  atau  diartikan juga sebagai proses pertukaran  barang / jasa antar dua Negara atau lebih dengan tujuan mendapatkan keuntungan.

2.      Faktor yang mendorong  terjadinya perdagangan Internasional :

a.       Perbedaan IPTEK

b.      Perbedaan kualitas/mutu sumberdaya manusia

c.       Perbedaan sumberaya alam

d.      Perbedaan budaya

e.       Perbedaan harga, upah, selera, biaya produksi

3.      Hambatan  Perdagangan internasinal/antar Negara :

a.       Peperangan

b.      Politik dumping, menjual barang  ke luar negeri lebih murah dibandingkan harga di dalam negeri.

c.       Pertentangan politik

d.      Bea masuk yang tinggi

e.       Pembatasan kuota

f.       Proteksi (perlindungan produksi dalam negeri)

 

 

·         Manfaat  Perdagangan  Internasional/Dampak Positif Peerdagangan Internasional

a.      Dapat memenuhi kebutuhhan

b.      Meningkatkan  hubungan antar ngara

c.       Menambah pendapatan/devisa

d.      Mendorong kemajuan IPTEK

e.       Mendorong petumbuhan eknomi

f.       Menyerap tenaga kerja

g.      Mendorong kegiatan produksi

h.      Setiap Negara dapat meniptakan spesialisasi produksi

i.        Penduduk dapat memperoleh barang dengan mudah dan murah

      *. Dampak   Negatif  Perdagangan  Internaional

            1. timbulnya penjajahan ekonomi oleh Negara yang lebih maju

            2. adanya ketergantungan suatu Negara terhadap Negara lain

            3. adanya persaingan tidak  sehat

            4. gaya hidup konsumtif

            5. tabungan masyarakat berkurang

            6. industry kecil  kalah bersaing

       * Perbedaan Perdagangan Internasional Dengan Perdagangan Dalam Negeri :

     1. Jangkauan Wilayah  :  Pedagangan Dalam Negeri  menjangkau satu Negara,    perdagangan Internasional beberpa negara

              2.Cara Pembayaran,  Perdagangan Dalam Negeri  memakai mata uang yang sama,  Perdagangan Internasional  mata uangnya bermaam-maam/valuta asing.

3. Biaya  angkutan,   Perdaagangan Dalam Negeri biaya lebih murah dibandingan perdaagangan antar Negara

4. Peraturan yang berlaku,  Perdagangan Daalam Negeri menggunakan aturan negaranya sendiri,  Perdagangan  Internasional aturan dari beberpa Negara

5. tingkat Persaingan,   Perdagangan Dalam  persaingan kurang ketat , perdagangan antar  Negara lebih ketat

6. Sistem distribusi,  Perdagangan Dalam Negeri distribusinya langsung,  perdagangan internasional distribusi tidak langsung.

 

Aktivitas   Siswa.

Kerjakanlah latihan soal di bawah ini !.

1.      Apakah factor  pendorong dan penghambat perdagangan internasional!

2.      Bagaimanakah dampak perdagangan  Internasional (positif dan negative)

3.      Jelaskan  perbedaan   perdagangan dalam negeri dengan perdagangan internasional dri segi cara pembayaran !.

                              “Selamat   Mengerjakan”

Rabu, 06 Januari 2021

MATEMATIKA KELAS 9| KESEBANGUNAN DAN KEKONGRUENAN ( Model dan Gambar berskala )

 Assalaikum warahmatullahi wabarakatuh

Selamat pagi kalian semua..........

Salam sehat........

Pastikan kalian selalu mentaati protokol kesehatan dengan melaksanakan 3 M

Mencuci tangan pakai sabun dengan air yang mengalir

Memakai masker

Menjaga jarak

Jangan mengabaikan protokol kesehatan y.......

Pagi ini kita akan belajar tentang Model dan gambar berskala, untuk itu silakan kalian simak video pembelajaran berikut ini :


Pastikan kalian memahami tayangan videonya, kemudian silakan kalian kerjakan soal - soal berikut ini :
1.  Amati gambar dari foto sebuah mobil seperti gambar di bawah ini. Jika panjang mobil sebenarnya       3,5 m, berapa tinggi mobil sebenarnya?
2. Perhatikan denah rumah Andi berikut ini :


Tentukan luas rumah Andi sebenarnya !

SELAMAT MENGERJAKAN

Jawaban bisa dikirim lewat WA ke nomor 081390587404 ( p Driono )


MATEMATIKA KELAS 8| TEOREMA PYTHAGORAS (1)

 Assalaikum warahmatullahi wabarakatuh

Selamat pagi kalian semua..........

Salam sehat........

Pastikan kalian selalu mentaati protokol kesehatan dengan melaksanakan 3 M

Mencuci tangan pakai sabun dengan air yang mengalir

Memakai masker

Menjaga jarak

Jangan mengabaikan protokol kesehatan y.......

Baiklah pagi ini kita akan belajar tentang Teorema Pythagoras

Untuk mempelajari materi Teorema Pythagoras silakan kalian simak video pembelajaran berikut ini, pastikan untuk menyimak sampai selesai.




Setelah memahami tayangan video pembelajaran, silakan kalian kerjakan soal - soal berikut ini: 
1. Diberikan sebuah segitiga siku – siku pada gambar berikut ini :

Tentukan panjang sisi AC !

2.  Diketahui sebuah segitiga siku – siku pada gambar berikut ini :


Tentukan panjang sisi QR !

 3Perhatikan gambar berikut ini :

Tentukan panjang AD !

4.  Sebuah tangga yang panjangnya 6 m bersandar pada sebuah tiang listrik. Jarak ujung bawah tangga terhadap tiang listrik adalah 3 m. Berapakah tinggi tiang listrik yang dapat dicapai tangga ?

Jawaban bisa dikirim lewat WA ke nomor 081390587404 ( p Driono ) khusus kelas 8A dan 8B

SELAMAT MENGERJAKAN



J



Minggu, 03 Januari 2021

MATERI KELAS 7C DAN 7D CERITA FIKSI DAN NONFIKSI ( PERTEMUAN 1 )

 

Cerita Fiksi : Pengertian, Unsur dan Perbedaan dengan Cerita Non Fiksi

Pengertian Fiksi

Pengertian fiksi dan non fiksi jika dilihat dari sebuah ilmu sastra merupakan satu kesamaan yang sudah pasti , yakni sama-sama sebuah karya sastra. Meskipun itu ilmiah atau tidak dan tertulis atau tidak, namun tetap saja itu adalah sebuah karya sastra. Keduanya jika dilihat dari hasil karyanya, pasti semua orang dapat membedakannya. Namun secara definitif hanya sedikit orang yang dapat membedakannya.

Adapun para ahli juga mendefinisikan tentang pengertian fiksi dan nonfiksi. Namun definisi fiksi dan non fiksi dari para ahli ini juga berbeda-beda. Namun, dari beberapa para ahli mendefinisikan tentang pengertian fiksi dan nonfiksi ini bisa dirangkum menjadi satu.

Jadi pengertian fiksi adalah sebuah karya imajinatif yang dibuat secara tertulis maupun tidak tertulis. Akan tetapi cerita ini masih memiliki kebenaran yang sesuai dengan pengalaman banyak orang. sedangkan untuk pengertian non fiksi merupakan sebuah karya sastra yang informatif dibuat dengan cara tertulis maupun tidak tertulis dalam proses pencarian dan pengamatan data, sehingga nilai kebenaran dari karya tersebut bida dipertanggungjawabkan.

Perbedaan Pengertian Fiksi dan Non Fiksi

Pengertian fiksi merupakan sebuah karya yang menekankan lebih ke imajinatif. Sedangkan untuk non fiksi lebih menekankan pada sebuah informatif. Walaupun begitu, hal ini bukan berarti fiksi tidak memiliki sebuah tujuan dalam pembuatannya dan non fiksi tidak memiliki hasil dari sebuah karya yang di ciptakannya.

Secara garis besar, adapun beberapa perbedaan pengertian fiksi dan nonfiksi, diantaranya sebagai berikut:

1. Imajinatif dan informatif
Cerita fiksi dibuat dengan imajinatif karena dalam pembuatannya menggunakan sebuah khayalan atau sebuah karangan oleh penciptanya. Dalam pembuatan cerita fiksi tidak membutuhkan sebuah pengamatan terlebih dahulu.

Kemudian untuk non fiksi merupakan sebuah karya informatif. Dalam pembuatan cerita non fiksi ini harus menggunakan sebuah informasi dan pengamatan terlebih dahulu. Jadi, semua data yang ada merupakan suatu hal yang penting karena untuk pembuatan sebuah cerita nonfiksi.

2. Nilai kebenaran
Pengertian fiksi dalam pembuatan cerita nilai kebenarannya tidak wajib atau tidak harus untuk dipertanggungjawabkan kebenarannya. Pasalnya dalam pembuatan cerita fiksi hanya menggunakan imajinasi atau sebuah khayalan penciptanya.
Sedangkan untuk non fiksi nilai kebenarannya adalah wajib dan harus bisa untuk dipertanggungjawabkan. Jadi dalam pembuatan karya non fiksi harus melalui sebuah pengamatan dan mencari data informasi yang sebenar-benarnya.

Artikel yang terkait dengan judul :Cerita Fiksi : Pengertian, Unsur dan Perbedaan dengan Cerita Non Fiksi

Itulah 2 perbedaan pengertian fiksi dan nonfiksi yang dapat Anda ketahui. Meski ada beberapa perbedaan cerita fiksi dan nonfiksi, masih ada banyak orang yang masih bingung dan sulit untuk membedakannya.

Struktur dan Unsur Cerita Fiksi

Jika Anda tahu tentang struktur dan unsur dalam pembuatan cerita cerpen, ini hal tersebut tidak jauh berbeda dengan struktur dan unsur dalam penyusunan cerita fiksi. Adapun dalam penyusunan cerita fiksi terdapat 6 struktur, yakni abstrak, komplikasi, orientasi, evaluasi, resolusi, dan koda. Sedangkan untuk unsur dalam pembuatan cerita fiksi dapat dibagi menjadi dua bagian, yakni unsur intrinsik dan unsur ekstrinsik.

Unsur intrinsik cerita fiksi diantaranya yakni:

1. Ema yaitu sebuah gagasan umum dalam menopang sebuah karya serta ada di dalam sebuah teks.

2. Tokoh yaitu sebuah pelaku untuk sebuah karya sastra. Dari segi peranan karya sastra dapat dibedakan menjadi dua yakni tokoh utama dan tokoh tambahan.

3. Plot atau alur yakni sebuah cerita yang berikan sebuah urutan kejadian. Akan tetapi dalam kejadian tersebut yang terdapat sebab akibat.

4. Konflik yakni sebuah kejadian yang sangat penting dan ini merupakan unsur yang sangat dibutuhkan untuk mengembangkan plot.

5. Klimaks yaitu jika konflik tersebut telah mencapai pada tingkat yang tinggi, dan dimana pada saat itu terdapat sebuah peristiwa yang tidak bisa dihindari.

6. Latar yaitu sebuah tempat, lingkungan dan juga waktu terjadinya sebuah peristiwa yang terdapat pada cerita.

Itu beberapa unsur intrinsik yang dapat Anda ketahui. Selain diatas masih ada banyak unsur intrinsik yang lain seperti amanat, sudut pandang, tokoh, logika, kesatuan, gaya, dan penafsiran. Lalu untuk unsur ekstrinsik dalam sebuah karya sastra yakni keyakinan, keadaan supjektivitas pengarang, pandangan hidup, psikologi, beberapa karya seni yang lain dan yang lainnya.

Nah, itulah penjelasan tentang pengertian fiksi dan nonfiksi, perbedaan pengertian fiksi dan nonfiksi, serta struktur dan unsur dari fiksi. Dengan Anda mengetahui beberapa pengertian fiksi diatas, semoga dapat menambah pengetahuan dan wawasan Anda.

SOAL
BUAT CERPEN TENTANG SESUAI DENGAN PENGALAMAN KALIAN !

TEKS DISKUSI MATERI KELAS 9 SEMESTER 2 ( PERTEMUAN 1 )

 

Teks Diskusi: Pengertian, Struktur & Kaidah Kebahasaan | Bahasa Indonesia Kelas 9


Teks Diskusi

tentu kalian pernah melakukan kegiatan diskusi bersama dengan teman kalian. Dalam suatu kegiatan berdiskusi formal, biasanya akan menghasilkan teks diskusi. Teks diskusi ini dibuat untuk mendokumentasikan, mencatat, atau menyimpan hal-hal penting dalam suatu pertemuan ilmiah agar dapat digunakan kembali saat dibutuhkan.

Sebelum kita membahas lebih lanjut mengenai apa itu teks diskusi, pertama-tama mari terlebih dahulu kita kenali apa itu diskusi. Diskusi merupakan pertemuan ilmiah untuk bertukar pikiran mengenai suatu masalah. Jadi, dapat dikatakan teks diskusi adalah bahan tertulis sebagai media untuk mencatat hal-hal penting tentang suatu masalah dalam pertemuan ilmiah. Teks diskusi dapat terdiri atas pendapat-pendapat yang muncul dalam diskusi, seperti pendapat yang menyetujui atau yang menolak hasil diskusi.

pengertian dan struktur teks diskusiKegiatan diskusi di kelas (Sumber: engagetu.com)

Struktur Teks Diskusi

1. Isu

Isu adalah unsur dalam teks diskusi yang berisi gambaran atau fenomena permasalahan yang akan dibahas dalam kegiatan diskusi.

Contoh: Dalam pertemuan ini, permasalahan yang akan dibahas adalah pemilihan pengurus desa.

2. Argumen

Argumen dalam teks diskusi adalah berbagai pendapat yang ada mengenai permasalahan yang dibahas dalam diskusi. Pendapat tersebut dapat berupa pendapat yang menetang atau pendapat yang mendukung.

Contoh: Berbagai pendapat dalam pertemuan ini adalah …

3. Simpulan atau saran

Simpulan dalam teks diskusi adalah hasil, kesimpulan, rekomendasi, atau solusi dari permasalahan yang dibahas. Hasil diskusi haruslah berisi rekomendasi untuk mencari solusi dari permasalahan yang terjadi. Rekomendasi yang dihasilkan sebaiknya merupakan jalan tengah untuk berbagai pihak.

Contoh: Pada akhirnya, semua kandidat pun dilantik untuk masa bakti 5 tahun ke depan.

ciri-ciri teks diskusi

Kaidah Kebahasaan Teks Diskusi

Dalam teks diskusi terdapat konjungsi pertentangan dan perbandingan. Konjungsi pertentangan adalah kata atau ungkapan penghubung antarkata, antarfrasa, antarklausa, dan antarkalimat yang menyatakan pertentangan atau perlawanan. Konjungsi perbandingan adalah kata atau ungkapan penghubung antarkata, antarfrasa, antarklausa, dan antarkalimat yang menyatakan perbandingan.

Tanda koma digunakan sebelum konjungsi pertentangan, yaitu sebelum kata sedangkan, tetapi dan melainkan. Konjungsi pertentangan terdiri atas beberapa konjungsi, antara lain:

1. ….,sedangkan…..

Konjungsi sedangkan digunakan di dalam kalimat yang subjeknya berbeda

Contoh: Amir akan belajar bahasa Indonesia, sedangkan Farhan akan belajar bahasa Inggris.

2. ….,tetapi….

Konjungsi tetapi digunakan di dalam kalimat yang subjeknya sama dan dapat dipasangkan dengan kata tidak.

Contoh: Gina berkeinginan pergi ke Bali, tetapi tidak memiliki waktu luang.

3. …..,melainkan….

Konjungsi melainkan digunakan di dalam kalimat yang subjeknya sama dan dapat dipasangkan dengan kata bukan.

Contoh: Dia bukan seorang guru, melainkan seorang dosen.

Konjungsi perbandingan hanya terdiri atas konjungsi ….lebih….daripada….. Konjungsi ini hanya digunakan untuk dua hal yang dibandingkan. Konjungsi lebih hanya dapat dipasangkan dengan konjungsi daripada.

Contoh: Haris lebih menyukai teh daripada kopi.

SOAL

BUATLAH KALIMAT DENGAN MENGGUNAKAN KONJUNGSI PERTENTANGAN DAN PERBANDINGAN MASING-MASING 5  KALIMAT ?