SELAMAT DATANG DI WEBSITE SMP NEGERI 2 SAMBONG, KAB. BLORA, JAWA TENGAH

Rabu, 21 Juli 2021

MATERI BAHASA INGGRIS KELAS 9 / GASAL/ WISH AND HOPE

 Dalam bahasa Inggris wish dan hope ini memang sering digunakan untuk menyatakan sebuah harapan.

Wish and hope ini memang memiliki arti yang sama namun digunakan dalam konteks kalimat yang berbeda.

  1. wish ini digunakan untuk menyatakan atau mengungkapkan harapan yang mana tidak mudah atau mustahil untuk diwujudkan. Wish ini juga digunakan sebagai ekspresi pengandaian, mengucapkan keinginan dengan sopan dan juga mengucapkan doa. Oleh sebab itu kata wish ini sering diucapkan pada acara ulang tahun, acara pernikahan dan acara sakral lainnya

  2. Hope ini digunakan untuk menyatakan sebuah harapan atau yang bisa atau sangat mungkin terjadi. Di sinilah letak perbedaan antara wish and hope tersebut. Misalnya saja adalah Anda ingin membeli rumah tapi Anda belum memiliki tabungan sama sekali maka pemilihan katanya yang tepat adalah wish, sedangkan untuk hope ini Anda ingin membeli sebuah rumah namun sudah memiliki tabungan dan kekurangannya tinggal sedikit maka kalimat yang bisa Anda gunakan adalah hope.


Contoh Penggunaan Kata Wish dan Hope


Penting sekali bagi Anda untuk mengetahui seperti apa contoh penggunaan kata wish and hope. Simak contohnya di bawah ini:


1, Expressing hope


I hope you win the game. Artinya adalah saya berharap kamu memenangkan pertandingan.

I hope to see you again soon. Artinya adalah saya berharap bertemu denganmu segera.

I hope you can find your ring. Artinya saya harap Anda bisa menemukan cincin Anda.

I hope our uncle will not angry with us. Artinya saya berharap paman kita tidak marah dengan kita.

I hope she can forgive me. Artinya adalah saya berharap dia bisa memaafkan saya.


2, Responding hope


Tidak hanya contoh kalimat wish and hope saja yang penting untuk diketahui namun respons yang diberikan ini pun wajib untuk diketahui. Saat Anda mendapatkan atau mendengar kalimat hope dari seseorang ada beberapa jawaban yang bisa Anda gunakan seperti berikut ini:


I hope so.  Artinya adalah saya harap juga begitu.

Thank you. Artinya adalah terimakasih.

Thanks a lot artinya adalah terimakasih banyak.

Thank for your hope. Artinya adalah terima kasih atas harapanmu.

God bless you. Yang artinya adalah Tuhan memberkati kamu.

That is good idea. Artinya adalah itu ide yang bagus.


3, Expressing wish


Wish bisa berupa doa atau harapan yang mungkin sulit terwujud namun jika ada keajaiban atau campur tangan Tuhan di dalamnya harapan tersebut bisa terkabul. Simak beberapa contoh kalimat menggunakan wish berikut ini:


I wish Joon-gi were here. Artinya adalah saya berharap Joon-gi ada di sini namun kenyataannya tidak ada dan bahkan tidak mungkin karena dia seorang artis atau publik figur.

I wish I could dance in the party with him.  Saya berharap bisa menari di pesta dengan dia.

I wish I had known the answer. Artinya adalah saya berharap saya tahu jawabannya.



Contoh percakapan wishing and hoping for holiday.


Ala : I'm going to take my holiday next week.

Saya akan mengambil liburan minggu depan.

Zakir: Really? Where are you going to go?

Benarkah? Kemana kamu akan pergi?

Aal: I hope I can go to Songgoriti. It's in Malang, East Java.

Saya harap saya bisa pergi ke Songgoriti. Ada di Malang, Jawa Timur.

Zakir: Cool! Have a great holiday.

Keren! Semoga liburanmu menyenangkan / selamat berlibur.

Aal: Thanks.

Terimakasih.


SOAL


Complete the following dialogue to answer questions 1 and 2


Aka: Hi, Mila. I heard yesterday was your birthday.


Mila: Hi, Aka. Yes, you are right.


Aka:Wow! (1) . .


Mila: (2) .. .


1. . . .


A.     I hope you make a complete recovery soon.


B.     Happy birthday. Wish you all the best!


C.     I am sorry to hear that.


D.     Have a good day!


 


2. . . .


A.     It's alright.


B.     It's too bad.


C.    Thanks a lot.


D.     Don't mention it.


Complete the following dialogue to answer questions 3 and 4


Daffa: The girls haven't come yet.


Zaidan: No, they haven't. I'm worried.


Daffa: Me too. (3 ) , . .


Zaidan: Maybe because of the rain.


Daffa : Well, (4 ) ...


Zaidan: Yes, I hope so.


3. . . .


A.     Where are you?


B.     Why are you here?


C.     Where are they from?


D.     Why are they so late?


 


4. . . .


A.     I don't think they will come


B.     I hope everything is alright


C.     I can't understand why


D.     I need you to know


Tidak ada komentar:

Posting Komentar