SELAMAT DATANG DI WEBSITE SMP NEGERI 2 SAMBONG, KAB. BLORA, JAWA TENGAH

Selasa, 04 Agustus 2020

MATERI. 2. SENI BUDAYA KLS 7 | BAB. I. MENGGAMBAR FLORA, FAUNA DAN ALAM BENDA. ( BAGIAN 2 )

 Menggambar Flora, Fauna, dan Alam Benda Pelajaran Seni Budaya. Pada awal bab buku kurikulum 2013 kelas 1 SMP, kalian akan menemukan materi serupa seperti pembahasan kita kali ini. 

   Alam merupakan sumber belajar yang tidak akan pernah habis untuk digali. Keanekaragaman flora dan fauna dapat menjadi sumber inspirasi dalam menggambar. Burung merupakan salah satu fauna yang sering digambar dengan menggunakan berbagai macam teknik dan bahan. Burung Hong merupakan salah satu contoh fauna yang sering menjadi objek batik di pesisir pantai pulau Jawa. Motif burung Hong ini mendapat pengaruh dari China. Sedangkan untuk fauna, contoh yang sering digambar adalah bunga mawar, anggrek, melati dan masih banyak lagi.



A.  Pengertian Menggambar

   Gambar merupakan bahasa yang  universal dan dikenal jauh sebelum manusia mengenal tulisan. Gambar sudah dikenal masyarakat sejak zaman purba. Pada saat itu, gambar sering dihubungkan dengan aktivitas manusia dan roh  leluhur yang dianggap memberi keberkahan dan perlindungan. Bagi manusia purba, gambar tidak sekedar sebagai alat komunikasi untuk roh leluhur saja, tetapi juga memberikan kekuatan dan motivasi untuk dapat bertahan hidup.

   Menggambar tidak hanya melibatkan aktivitas fisik semata tetapi juga mental. Aktivitas fisik berhubungan dengan keterampilan menggunakan peralatan menggambar sedangkan mental berhubungan dengan rasa, karsa, dan daya cipta untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Manusia dalam melakukan aktivitas menggambar memerlukan media, alat serta bahan yang senantiasa berubah sesuai dengan perkembangan zaman.

   Jika pada zaman purba manusia menggambar dengan menggunakan bahan yang tersedia di alam maka pada zaman sekarang  peralatan menggambar telah diproduksi oleh pabrik sebagai komoditas ekonomi. Manusia melalui menggambar dapat menyampaikan gagasan, ide, serta simbol sebagai salah satu bentuk ekspresi. Jadi menggambar merupakan salah satu sarana untuk mengekspresikan diri.

B.  Komposisi Menggambar

   Komposisi dalam menggambar dapat dibedakan dalam dua jenis yaitu simetris dan  asimetris. Komposisi simetris menunjukkan bahwa objek di bagian kanan sama atau mirip dengan objek di bagian kiri bidang gambar.

   Komposisi asimetris menunjukkan bahwa objek di bagian kanan tidak sama atau mirip dengan objek di kiri bidang gambar tetapi  terkesan menunjukkan keseimbangan. Benda yang berwarna gelap memiliki kesan lebih berat daripada benda lain yang besarnya sama dengan benda tersebut tetapi berwarna terang.

   Penguasaan komposisi merupakan hal penting sebelum melakukan aktivitas menggambar. Penguasaan ini akan membimbing dan mengarahkan susunan objek dalam menggambar.



                    
C.  Objek Menggambar

   Menggambar tidak hanya mengandalkan imajinasi tetapi juga terkadang memerlukan objek. Alam semesta merupakan objek yang tidak akan pernah habis untuk digambar. Kekayaan flora, fauna dan juga alam benda merupakan objek yang dapat digambar. Keindahan flora, fauna dan juga alam benda merupakan sumber inspirasi dan eksplorasi dalam menggambar.


D.  Alat dan Media Gambar

    Sebagai sarana belajar menggambar, alat dan media memiliki banyak variasi dan macamnya. Kamu bisa menggunakan pensil dengan bahan grafit, pensil warna, bolpoin, dan krayon. Setiap alat dan media tersebut memiliki karakter yang berbeda.
Beberapa macam alat dan media gambar  sebagai berikut:

1.   Pensil
   Pensil dibedakan menjadi dua jenis, yaitu pensil dengan tanda “H” dan “B”. Pensil H memiliki sifat keras dan cocok digunakan untuk membuat garis yang tipis. Pensil B memiliki sifat lunak dan cocok digunakan untuk membuat garis tebal atau hitam pekat. Pensil H dan pensil B dibedakan dari segi tingkat kekerasan dan kepekatan hasilnya. Pensil H dan  pensil B diberi  tanda angka untuk membedakan jenisnya. Untuk pensil B, makin besar angkanya makin lunak sifatnya dan makin pekat hasil goresannya. Untuk pensil  H, makin  besar angkanya, makin keras sifatnya  dan  makin tipis hasil goresannya.

2.   Pensil Warna
   Pensil warna memiliki variasi warna yang cukup banyak dapat menghasilkan warna yang lembut. Peserta didik bisa menggunakan pensil warna untuk mewarnai gambar dengan cara gradasi, yaitu pemberian warna  dari arah  yang  gelap  berlanjut ke arah yang lebih terang  atau sebaliknya.

3.   Krayon
   Bentuk krayon ada dua jenis yaitu dalam bentuk pensil dan batangan. Kedua jenis bentuk  krayon ada yang berbahan lunak dan keras. Krayon dengan bahan lunak tidak banyak mengandung minyak sehingga dapat dibaurkan  dengan menggunakan tangan. Kesan warna  yang  dihasilkan dari kedua jenis krayon ini dapat  menimbulkan kesan lembut maupun cerah.

4.   Bolpoin
   Selain digunakan untuk menulis bolpoin  juga dapat digunakan untuk menggambar. Gambar yang dihasilkan memiliki karakter  yang  kuat  dan umumnya berupa  arsiran.

5.   Kertas Gambar
   Menggambar pada dasarnya membutuhkan kertas yang berwarna  netral (putih, abu-abu, atau coklat) dan dapat menyerap atau mengikat bahan pewarna. Kertas gambar yang dapat digunakan dengan berbagai alat gambar misalnya kertas Padalarang. Pastel khususnya memerlukan  kertas dengan permukaan agak kasar, misalnya kertas karton.

E.  Teknik Menggambar

   Proses menggambar sebenarnya dapat kamu mulai dengan cara yang sangat sederhana dan mudah  dilakukan. Biasakan sebelum menggambar buatlah sketsa terlebih dahulu agar gambar memiliki komposisi, proporsi, dan keseimbangan yang baik. Beberapa tahapan yang harus dilakukan pada saat menggambar sebagai  berikut:

1). Mengetahui bentuk dasar dari objek yang akan digambar
2). Mengetahui  bagian-bagian dari objek gambar
3). Menyusun atau menyambung bagian per bagian  menjadi gambar  yang utuh
4). Memberikan  dimensi gelap terang baik hitam putih atau berwarna
5). Memberi kesan untuk latar belakang

   Pertama kali menggambar sebaiknya tidak perlu tergesa-gesa untuk memiliki kemiripan bentuk sesuai dengan objek yang digambar. Kamu harus berlatih dan sabar sampai menguasai bentuk dasar bagian-bagian dari objek yang digambar. Mulailah berlatih dari bentuk  flora, fauna, dan benda buatan manusia yang paling sederhana dan bisa digambar.

 1.  Teknik Menggambar Flora 

   Menggambar flora (tumbuh-tumbuhan) dapat memberikan pemahaman tentang keanekaragaman, keindahan,  dan  keunikan objek flora yang ada  di lingkungan sekitar. Flora memiliki banyak jenis dan bentuknya. Bagian-bagian flora dapat  digunakan sebagai objek gambar, misalnya bentuk  daun, bunga, dan buah. Bagian-bagian flora ini dapat digambar secara terpisah atau digabung menjadi satu rangkaian.

  Menggambar bunga kamboja dan bunga jepang memiliki teknik yang berbeda walaupun sama-sama jenis bunga. Perbedaan ini disebabkan karakteristik kelopak bunga yang berbeda.

   Perhatikan langkah-langkah menggambar bunga kamboja jepang di bawah ini:
1). Gambarlah bentuk lingkaran untuk pola bunga
2). Gambar kelopak bunga sesuaikan dengan bentuk aslinya.
3). Berilah warna pada hasil gambar bunga.

   Menggambar bunga mawar lebih sulit dibandingkan dengan menggambar bunga kamboja Jepang. Ada empat tahapan dalam menggambar bunga mawar yaitu:
1). Gambarlah objek secara garis besar.
2). Gambarlah kelopak dengan cermat sesuai dengan arah melingkar bunga.
3). Tentukan titik pusat bunga dan tempat batang yang bertemu dengan kelopak, ini akan  membantu menemukan posisi pusat bunga.
4). Berilah arsiran atau warna agar lipatan dan tekstur gambar lebih berkesan hidup


2. Teknik Menggambar Fauna

   Fauna (hewan) memiliki jenis yang berbeda-beda, ada yang berkaki empat, seperti sapi, kambing, berkaki dua seperti ayam, bebek. Ada hewan yang hidup di air dan di darat. Hewan juga ada yang bersifat galak dan jinak. Setiap hewan memiliki bentuk badan yang berbeda-beda. Kamu bisa menggambar hewan mulai dari badannya, kemudian berlanjut kepala, kaki atau cakarnya. Bentuk-bentuk geometris akan membantu dalam membuat gambar hewan  agar  lebih mudah dan tentunya diawali dengan sketsa.

   Contoh menggambar itik:
1). Buatlah gambar bentuk oval untuk badan.
2). Tambahkan bentuk kerucut untuk leher, kepala, dan ekor.
3). Berilah arsiran atau warna pada gambar itik.



3.  Teknik Menggambar Alam Benda

   Menggambar alam benda disebut juga menggambar bentuk. Alam benda dapat terdiri atas benda buatan manusia dan benda yang sudah terbentuk dari alam. Alam benda buatan manusia dapat berupa kendi, piring, mangkuk, gelas, dan beraneka ragam bentuk lainnya. Alam benda yang terdapat di alam seperti batu, batang kayu, air, dan juga awan.

   Pada saat menggambar bentuk, sebaiknya kamu memperhatikan beberapa hal berikut ini:
Proporsi bentuk benda yang akan digambar
Komposisi dalam meletakkan benda
Cahaya yang menyinari objek gambar dan akan membentuk bayangan
Penggunaan arsiran atau warna yang akan membentuk kesan bidang tiga dimensi.
Penggunaan latar belakang (background)

   Contoh menggambar piring dan cangkir:
1). Gambarlah bentuk  silinder dan oval.
2). Buatlah setiap bagian menjadi bentuk cangkir dan piring.
3). Sempurnakan gambar dengan menggunakan arsiran atau warna.



SOAL :
1. SEBUTKAN 2 MACAM JENIS PENSIL !
2. BAGAIMANAKAH SIFAT DARI PENSIL B !
3. SEBUTKAN 3 MACAM WARNA NETRAL KERTAS GAMBAR !
4. SEBUTKAN BEBERAPA HAL PADA SAAT MENGGAMBAR BENTUK ( ALAM BENDA ) !
5. BAGAIMANAKAH PERBEDAAN MENGGAMBAR BUNGA KAMBOJA DAN BUNGA MAWAR !


******SELAMAT MENGERJAKAN******





Senin, 03 Agustus 2020

MATERI BAHASA INGGRIS KELAS 9, BAB 2 | IN ORDER TO & SO THAT

so that / in order that

Pengertian dan penggunaan so that dan in order that
So that dan in order that sama-sama digunakan untuk menunjukkan tujuan dari sesuatu (to show the purpose of something).

Kita sering menggunakan modal auxiliary verb (can, may, would,should etc) bersama dua frasa bahasa Inggris ini. Kita dapat menggunakan simple present atau simple future “will” setelah so that dan simple present setelah in order that ketika mengarah pada masa depan.

That yang mengikuti so sering dihilangkan pada situasi informal. Kata yang merupakan conjunction (kata hubung) ini lebih umum digunakan (more common) daripada in order that.  Adapun in order that yang merupakan idiom  yang berarti “so that something can happen” (agar sesuatu dapat terjadi) lebih formal (more formal) daripada so that.

Selain untuk menunjukkan tujuan dari sesuatu, so that juga dapat digunakan untuk menunjukkan akibat dari sesuatu (to show the result of something).

bagaimana menempatkannya dalam kalimat. Berikut penulis akan menjelaskan kata sambung “to, in order to dan so that”.

1. Kata sambung “to” disini artinya untuk bukan kepada, kalau biasanya mengartikan kata “to” menjadi “kepada” tapi kali ini posisinya berbeda ketika posisi kata “to” sebagai kata sambung maka artinya berubah menjadi “untuk”. Kata sambung “to” diikuti kata kerja, setelah kata sambung “to” + Verb 1 (kata kerja pertama). Berikut dibawah ini penulis berikan contoh kalimat menggunakan kata sambung “to”.

Contoh :

We should eat breakfast to do our activities during the day.
We should jog to have stronger lungs.

Perhatikan 2 contoh diatas kata sambung to maknanya adalah untuk dan setelah kata to diikuti kata kerja pertama (verb 1), kata do dan have adalah kata kerja pertama. Penulis akan memberikan satu lagi contoh kalimat menggunakan kata sambung ” to” perhatikan baik-baik ya.
“Sandy join the competition to get the reward.” anak-anak bisa menganalisakan dari kalimat tersebut setelah kata “to” ada kata kerja “get” yang mana adalah kata kerja pertama.

2. Kata sambung ” in order to”kata sambung in order to disini artinya “supaya”.

Contoh:

Siti says we should eat enough in order to be healthy.
We should eat well in order not to get sick easily.

Perhatikan 2 contoh kalimat diatas kata sambung in order to bermakna “supaya”. Contoh kalimat yang kedua ditambahkan not jika bermaksud membuat kalimat dengan arti “supaya tidak” seperti dicontoh tersebut.

3. Kata sambung “So that” . kata sambung so that artinya sama seperti kata sambung in order to yaitu artinya “supaya”. Lalu bagaimana cara membedakan menggunakannya? Ada perbedaan menggunakan kata sambung yang ini

    Kata sambung “so that” biasanya diikuti sebuah klausa atau kalimat. Berikut contohnya dibawah ini.

Contoh :

We should eat enough fruits so that we will be healthy.
We have to clean our bath tub regularly so that mosquitoes do not lay their legs there.

Perhatikan 2 kalimat diatas setelah kata sambung “so that” diikuti sebuah klausa atau kalimat,. Syarat sebuah kalimat yaitu ada Subjek dan Kata kerja. Dari kalimat tersebut bisa sahabat lihat setelah kata sambung “so that” ada kalimat yang lengkap dengan subjek dan kata kerjanya.
Untuk lebih mengukur pemahaman sahabat ilmu tentang kata sambung “to, in order to dan so that”

LATIHAN SOAL                                           


Complete the sentences with the correctly with correct conjunction!

1. I save my money (so that / to) buy a remote control car.

2. My grandfather goes to the hospital (so that / to) do a medical check up.

3. Mom needs some butter (so that / to) make a cake.

4. My friend studies hard (so that / in order to) he can make it to the top rate university.

5. I go to school on feet (to / so that) save my money.

6. He drives carefully (in order to / so that) he can reach home safely.

7. Dad works out everyday (in order to / so that) stay healthy.

8. I read news online regularly (to / so that) know what’s happening in the world.

9. She wears her sweater (to / so that) she won’t get cold.

10. Sherly got part time job (to / so that) she earn some pocket money.



Part II
Join these sentences by using to, in order to, or so that!

1. He learns Japanese. He can study in Japan.
. . . . . . . . . . . . . . . . . .

2. They wake up early. Go to work on time.
. . . . . . . . . . . . . . . . . .

3. She joins cooking class. Cooks deliciously at home.
. . . . . . . . . . . . . . . . . .

4. I wear a rain coat. I won’t get drenched.
. . . . . . . . . . . . . . . . . .

5. I ask for her number. I can keep in touch with her.
. . . . . . . . . . . . . . . . . .

6. He goes to the library. Reads and borrows books.
. . . . . . . . . . . . . . . . . .

7. She learns piano. She can be a musician someday.
. . . . . . . . . . . . . . . . . .

8. I need to watch a comedy movie. I can laugh and cheer up.
. . . . . . . . . . . . . . . . . .

9. Melia comes home early. Help her mother doing the chores.
. . . . . . . . . . . . . . . . . .

10. He applies to the art major. Be a professional artist


MATERI BAHASA INGGRIS KELAS 8, BAB I | ASKING AND GIVING OPINION

Materi Asking and Giving Opinion dan Contohnya

Materi asking and giving Opinion merupakan salah satu materi bahasa Inggris yang pernah kalian dapat sewaktu sekolah. Materi yang satu ini telah didapatkan sewaktu SMP dan kembali dipelajari pada saat SMA. Segala hal yang terjadi di dalam hidup ini, tentu saja semua menimbulkan pro dan kontra. Maka orang memberikan pandangan atau pendapatnya masing-masing mengenai peristiwa yang tengah terjadi.

Tak perlu jauh-jauh ke peristiwa dunia, segala sesuatu yang terjadi dilingkungan keluarga pasti ada saja yang menimbulkan perbedaan pendapat. Nah, menyatakan sebuah pendapat inilah yang disebut dengan Opinion. Selengkapnya tentang materi ini, mari langsung simak saja pada konten berikut ini :

Materi Asking and Giving Opinion
Asking and Giving Opinion ialah suatu ungkapan yang digunakan untuk menanyakan, menjawab atau merespon suatu pendapat. Dalam Opinion, biasanya terdapat beberapa kata kerja yang digunakan antara lain believe (percaya), reckon (memperhitungkan), think (rasa/pikir), doubt (meragukan), assume (berasumsi), agree (setuju), atau don’t agree (tidak setuju).

Contoh Asking or Giving Opinion
Berikut ini saya berikan beberapa contoh kalimat tentang bagaimana seseorang bertanya atau memberikan pendapatnya :

Asking Opinion (Menanyakan Pendapat/Opini)
• What do you think of…?
• What is your opinion?
• What do you think about…?
• What is your idea?
• How about…?
• How do you feel?
• How do you think?
• Please give me your opinion?
• Give me your comment?
• Do you have opinion of…?
• Do you have any idea?
• What is your comment?
• How is your opinion?
• How about this?
• How do you like?
• How do you think of my idea?
• What are you feeling?
• What your view on?
• What is your reaction?
• Do you think is it good?

Giving Opinion (Memberikan Pendapat)

• In my opinion
• I personally believe
• I tend to think that
• It is my comment
• In my view
• As far I know
• I think….
• I think that
• I think I like it
• I personally consider ….
• In my opinion
• From my point of view
• The way I see is that
• My comment is


Contoh Agreeing dan Disagreeing Opinion

Setiap pendapat atau opini yang dikemukakan seseorang tentu ada yang menyetujuinya dan ada juga yang tidak menyetujuinya. Dalam bahasa Inggris disebut dengan Agreeing and Disagreeing Opinion. Berikut ini beberapa contoh pengungkapannya

Agreeing with an Opinion (Menyetujui Pendapat)
• Of course.
• This is absolutely right.
• I agree with this opinion.
• I agree with your Opinion.
• That’s a good point.
• I think so too.
• I couldn’t agree more.
• I agree with what you are saying.
• I agree, I never thought of that.
• Neither do I.

Disagreeing with an Opinion (Menolak/Tidak Menyetujui Pendapat)
• I am sorry, I don’t agree with you.
• I can’t say I agree with this, and here’s why…..
• I do not believe that.
• By this I mean…..
• I disagree with you.
• I think you are wrong.
• That’s not the same thing at all.
• I am not sure I agree with you.
• I don’t agree with you.
• I am afraid I have to disagree with you.
• It is not justified to say so.
• I am not convinced that…..


Contoh dialog bahasa inggris asking giving opinion

Contoh Dialog Expressing Opinion

Alika : Hi Alika, Have you heard about the new cinema in Cimahi.
Nur : Yes I have.
Alika : And what do you think about it?
Nur : I think that it is good have a cinema in our city. So we don't have to go to bandung in just watching a movie.
Alika : I am sorry but I am not sure about your opinion.
Nur : Why? Then what do you think about it?
Alika : You know it is the very first cinema build in Cimahi right? So i think it will be really crowded because everyone in town will go there to watch a movie.
Nur : Yes, I think you right about it.

Terjemahan:
Alika: Hai Alika, Pernahkah kamu mendengar tentang bioskop baru di Cimahi.
Nur: Ya, saya pernah.
Alika: Dan apa yang kamu pikirkan tentang hal itu?
Nur: Saya berpikir bahwa itu adalah baik memiliki bioskop di kota ini. Jadi kita tidak perlu pergi ke bandung hanya menonton film.
Alika: Saya minta maaf tapi saya tidak yakin tentang pendapat kamu.
Nur: Mengapa? Lalu apa yang kamu pikir tentang hal ini?
Alika: Kamu tahu, itu adalah bioskop yang pertama kali dibuat di cimahi? Jadi saya pikir itu akan benar-benar ramai karena semua orang di kota akan pergi ke sana untuk menonton film.
Nur: Ya, aku pikir kamu benar tentang hal itu.

Example
Erika: “Hi  Clara, what are you doing?”
Clara: “Hi Erika, I’m writing a poetry”
Erika: “Poetry? for the special one?”
Clara: “Absolutely, tomorrow is mothers’ day so I would like to give this poetry for my mommy”
Erika: “Mothers’ day? Oh my god! I forget about it”
Clara: “Calm down Erika, why don’t you write a poetry too?”
Erika: “No, I cant write a poetry “
Clara: “Do you know what is the thing that your mommy likes?”
Erika: “She likes flowers”
Clara: “How about buying a flower vase, I think your mommy likes it.”
Erika: “That sounds good idea, but Clara would you mind to accompany me to find it out after class end?” Clara: “With my pleasure”
Erika: “Oh thank you so much  Clara”
Clara: “Don’t mention it Erika”

Translate
Erika: "Hai Clara, apa yang kamu lakukan?"
Clara: "Hi Erika, aku sedang menulis puisi"
Erika: "Puisi? untuk seseorang yang spesial?"
Clara: "Tentu saja, besok adalah hari ibu jadi saya ingin memberikan puisi ini untuk ibu saya"
Erika: "hari Ibu? Ya Tuhan! Aku lupa tentang hal itu"
Clara: "Tenang Erika, mengapa tidak kamu menulis puisi juga?"
Erika: "Tidak, saya tidak bisa menulis puisi"
Clara: "Apakah kamu tahu apa hal yang suka ibumu?"
Erika: "Dia suka bunga"
Clara: "Bagaimana tentang membeli vas bunga, saya pikir ibumu akan menyukainya"
Erika: "Kedengarannya ide yang bagus, tapi Clara apakah kamu keberatan untuk menemani saya untuk menemukannya setelah kelas berakhir?"
Clara: "Dengan senang hati"
Erika: "Oh terima kasih banyak Clara"
Clara: "Jangan sungkan-sungkan Erika"

Contoh Percakapan 1
Kevin: “Hi Maya”
Maya: “Hi Kevin, what are you doing here?”
Kevin: “I want to buy manusia setengah salmon book”
Maya: “Whose the writer? “
Kevin: “His name’s Radityadika
Maya: “Oh I see, Actually I’ve read his another book the title is kambing jantan
Kevin: “ (Agreement) and Radityadika is my favorite writer, I have all of his books by the way what are you looking for here? ”
Maya: “I’m looking for negri lima menara novel, I’m pretty sure that you know that novel “
Kevin: “ Of course i know it, good choice Maya, and you should have it because (giving opinion) and very recommended for the student like us
Maya: “Yea my sisters says so, I cant wait to read that novel. By the way I have to take the novel now because I wont get home late, it’s nice to talk with you Kevin “
Kevin: “ Oh OK, it's nice to talk with you too”
Maya: “ See you later”
Kevin: “ See you”

Contoh Percakapan 2
Mr. Andy: What do you think of my new house?
Mr. Bryan: It is beautiful. I think. Oh you have many novels in your new house.
Mr. Andy: Yeah, some. I like Andrea Hirata’s novels.
Mr. Bryan: How do you feel about Andrea Hirata’s novels
Mr. Andy: I feel they are great novels.
Mr. Bryan: Yes, you are right. I think it is going to rain.
Mr. Andy: I don’t think so. Look outside at the sky! It’s so clear. No clouds there.
Mr. Bryan: But I watched the weather forecast yesterday. It said that today is going to rain. OK Mr. A see you.

Exercise: Answer the following questions!
Kate : We’ll have a long holiday next month. What are you going to do?
Yani : ....
Kate : I hope you have a nice trip
1. Complete the dialogue above ....
A. I am thinking of going to Bali Sorry
B. Sorry, I can’t tell you
C. It’s not your business
D. I have nothing to do
E. I don’t know what to do

Alex : What do you think about the film ?
Bram : I think .......................
2. Complete the dialogue above ....
A. I like it
B. Thank you
C. I can’t hear you
D. You forget it
E. Let’s go

Eric : I think our city is very hot at the moment.
Era  : I don’t think so ................ Our city is much cooler than other cities in this country.
3. Complete the dialogue above ....
A. I know it
B. I am thinking of
C. He forget it
D. In my opinion
E. See you

Bowo : I feel tired and I feel dizzy.
Sri : I think …. Don’t leave the bed if it is not necessary.
4. Complete the dialogue above ....
A. You must sing
B. You should lie down and have some rest
C. You can see the doctor tonight
D. I will take you to the hospital
A. I must take some rest, too

Dave: So what do you think of my singing?
John: It's really good, but I suggest to try singing in a high tune.
Dave: Thanks, John.
John: No problem, Dave!
5. From the dialogue above, John is...
A. Asking for help
B. Giving an opinion
C. Asking for an opinion
D. Giving help
E. Giving attention

Jade: What do you think of my drawing?
Rose: It's amazing, but I think you should erase the scribbles over here.
Jade: Thank you so much for you opinon, Rose!
Rose: My pleasure.
6. From the dialogue above, Rose is...
A. Asking for attention
B. Asking a question
C. Giving an opinion
D. Giving help
E. Asking for help

Dirk: Can you give me an opinion about my sculpture?
Jake: Sure thing! I think you should have had fixed the hand.
Dirk: Thanks, Jake.
Jake: No problem!
7. From the dialogue above, Dirk is...
A. Asking for help
B. Giving help
C. Giving opinion
D. Asking for an opinion
E. Asking for help

Jane: Roxy, what do you think of the cake I bake?
Roxy: It' really delicious! I love it!
Jane: yes!
8. From the dialogue above, Jane is...
A. Asking for an opinion
B. Asking for help
C. Requesting for attention
D. Giving an item
E. Giving opinion

Materi PKN Daring 4 Agustus 2020

MATA PELAJARAN PKN

KELAS VII

PENETAPAN PANCASILA SEBAGAI DASAR NEGARA

 

            Setelah BPUPKI menyelesaikan tugasnya, maka BPUPKI dibubarkan dan sebagai gantinya Jepang membentuk PPKI pada 7 Agustus 1945. Tokoh pendirinya yaitu Ir. Soekarno, Moh. Hatta dan Radjiman Widyodiningrat. Ir. Soekarno sebagai ketua, Moh. Hatta sebagai wakilnya. Semua anggota PPKI berasal dari Indonesia dan beranggotakan 21 orang.

Setelah Jepang menyerah kepada sekutu pada 15 Agustus 1945, Ir. Soekarno segera memproklamasikan kemerdekaannya yang didampingi oleh Moh. Hatta. Pada 18 Agustus 1945, PPKI melaksanakan siding dan menghasilkan beberapa keputusan. Tulislah dibuku catatan PKN mu, hasil siding PPKI.

---------------------------------------------------------------------------------------------------------------


MATA PELAJARAN PKN

KELAS VIII

MENYADARI PENTINGNYA KEDUDUKAN DAN FUNGSI PANCASILA DALAM KEHIDUPAN BERNEGARA

           

            Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa mempunyai ciri khas tersendiri yang berbeda dengan ideologi lainnya yang ada didunia ini. Ciri yang terkandung dalam nilai Pancasila terdapat pada sila Pancasila.

Tulislah ciri khas nilai Pancasila yang terkandung dalam sila pertama dan sila ketiga di buku catatanmu! Selanjutnya jelaskan arti mempertahankan Pancasila pada sila kelima! Mengapa Pancasila perlu dipertahankan?

-----------------------------------------------------------------------------------------------------------

 

MATA PELAJARAN PKN

KELAS IX

PERWUJUDAN NILAI-NILAI PANCASILA DALAM BERBAGAI KEHIDUPAN

 

            Sila-sila yang terkandung dalam Pancasila merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan dan tata urutan Pancasila memiliki makna saling dijiwai dan menjiwai oleh sila-sila sebelum dan sesudahnya sehingga tata urutan Pancasila tidak dapat diubah karena akan menghilangkan makna Pancasila sebagai satu kesatuan.

Perwujudan nilai-nilai Pancasila dalam politik dan hukum

Perkembangan bidang politik meliputi persoalan lembaga negara dan hak asasi manusia, demokrasi dan hukum. Pembangunan negara Indonesia, sistem pemerintahannya sesuai dengan perkembangan zaman.

Tugasmu adalah menjawab pertanyaan yang juga ditulis dalam buku PKN.

1. Sebutkan lembaga negara baru sesuai dengan amandemen UUD 1945!

2. Tulislah bunyi pasal 33 ayat 1 UUD 1945!

3. Tulislah tujuan pembangunan nasional!

4. Tulislah bunyi pasal 27 ayat 3 UUD 1945!

5. Berilah 1 contoh pembelaan negara yang ada disekolahmu!

 

 

----------------------------------------------------------------------------------------------------------


BAHASA INDONESIA KELAS 8 | BAB I BERITA

Baca ulang dan pahami materi bab 1 tentang berita.

Jawablah pertanyaan berikut

37 Pedagang Positif Covid-19, Pasar Keputran Surabaya Ditutup Sepekan

SURABAYA, KOMPAS.com - Pasar Keputran Utara, Surabaya, akan ditutup selama sepekan setelah ada banyak pedagang dinyatakan positif Covid-19. Baca juga: Struktur Teks Berita: Piramida Terbalik Wakil Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Surabaya, Irvan Widyanto mengatakan, Pasar Keputran Utara ini mulai diliburkan mulai Selasa (21/7/2020) hingga Senin (27/7/2020) mendatang. Ia menyampaikan, hasil tes swab yang dilakukan tiga hari berturut-turut sejak 14-16 Juli 2020, terdapat 37 orang terkonfirmasi positif Covid-19 di Pasar Keputran Utara. "Dari dasar itu kami sebagai Gugus Tugas merekomendasikan agar Pasar Keputran diliburkan selama tujuh hari, mulai besok tanggal 21 sampai 27 Juli 2020,” kata Irvan, di kantor BPB Linmas Kota Surabaya, Senin (21/7/2020). Selama ditutup, Irvan menyebut, Pasar Keputran akan disterilkan untuk dilakukan pembersihan dan penyemprotan disinfektan. Selain itu, Satpol PP Surabaya akan menyosialisasikan kepada para pedagang agar membentuk Gugus Tugas Covid-19 di Pasar Keputran. Ini dilakukan semata-mata untuk melindungi keselamatan dan kesehatan masyarakat, khususnya para pedagang dan pembeli di pasar itu.

"Selama libur itu, kami juga minta kepada para pedagang untuk kerja bakti bersih-bersih di stannya masing-masing. Kami juga kumpulkan tokoh masyarakat di situ agar membentuk Gugus Tugas di Pasar Keputran," tutur Irvan. Irvan mengatakan, pedagang di Pasar Keputran, yang merupakan warga Surabaya dan dinyatakan positif Covid-19, mereka diisolasi di Hotel Asrama Haji, Sukolilo. Sedangkan bagi warga luar Surabaya diisolasi di Rumah Sakit Darurat Indrapura. "Nanti test swab akan kami ulangi lagi sebelum Pasar Keputran dibuka kembali. Terutama, kepada para pedagang yang ada di sana," kata Irvan. Sementara itu, Kepala Satpol PP Kota Surabaya, Eddy Christijanto mengatakan, pelaksanaan sterilisasi di Pasar Keputran akan dilakukan Selasa (21/7/2020) mulai pukul 14.00 WIB hingga Senin (27/72020) mendatang pukul 00.00 WIB. Selama kegiatan sterilisasi berlangsung, Pemkot Surabaya bersama PD Pasar Surya akan melakukan penyemprotan disinfektan.

"Setiap hari kami lakukan sterilisasi dan juga pembersihan, baik itu sarana prasarana maupun stan-stan yang kelihatan kotor dan bisa menimbulkan terjadinya penular virus," kata Eddy. Nantinya, sebelum para pedagang itu berjualan kembali di pasar, mereka harus menunjukkan hasil test swab dengan status negatif Covid-19 kepada petugas di Pasar Keputran. Selama dilakukan sterilisasi itu, menurut Eddy, Dinas Kesehatan (Dinkes) Surabaya juga menyiapkan petugas test swab di lokasi. "Jadi kami mohon seluruh pedagang agar sukarela untuk melakukan test swab, kita tidak usah takut hasilnya apapun, ini demi kesehatan dan keselamatan warga Surabaya khususnya para pedagang," kata dia.

Soal

Ringkaslah, Simpulkan dan beri tanggapan berita diatas


Minggu, 02 Agustus 2020

MATERI BAHASA INGGRIS |HOW TO SAY THANK YOU & SORRY.KELAS7

HOW  TO SAY THANK YOU  AND HOW TO SAY SORRY

OLEH : HARTATI,S.Pd

HOW TO SAY THANK YOU ( UNGKAPAN MEMINTA BERTERIMA KASIH )

Expression  thanks

Responses

1.       Thank you

2.       Thank you so much

3.       Thank you very much

4.       Thanks a lot

5.       Thanks

6.       Thank a million

7.       Thanks for your help

8.       I really appreciate it

9.       I’m grateful

10.   Thank’s so kind of you

11.   ……

a.       You’re welcome

b.       No problem

c.       No worries

d.       Don’t mention it

e.       My pleasure

f.        Anytime

g.       It was the least  I could do

h.       Glad to help

i.         Sure

j.         Thank you

k.       ……..

 

Dialogue 1

A             : Hi !  I have got something for you

B             : Really ? What is that ?

A             : Here you are

B             : OK.Thank you very much for your kindness

A             : It was the least I could do

B             : This is the only thing I want to right now. I have  been looking for this novel for months, but I

                   Couldn’t find it here in London.How could you find it ?

A             : Few days ago I went to  Indonesia and I found it in a bag bookstore there.

B             : Thank you so much

A             : Don’t mention it

TUGAS  1

a.       Translate the dialogue above  into Indonesia ( Perjemahkan ke Bahasa Indonesia )

HOW TO SAY SORRY ( UNGKAPAN MEMINTA MAAF )

 

The Expression  to say sorry

Responses

1.       Whooops ! Sorry

2.       Oh,sorry

3.       Sorry about that

4.       Oh, my fault

5.       Oh , my bad

6.       Sorry,I can’t. I am busy

7.       I’m so sorry

8.       ……….

a.       No worries

b.       It’s fine

c.       No problem

d.       Please don’t let it happen again

e.       Apology accepted

f.        It’s okey

g.       Don’t mention

h.       You should be but I forgive you

i.         ……

 

Dialogue 2

A             : Hello ?

B             : Hello,Rachel ? This is Kyle. I’m sorry to call so late

A             : Kyle, what happened ? We were supposed to meet at eight

B             : I’m really sorry.My car broke down so I couldn’t get there.And my cellphone died.So I couldn’t

                  Call you.

A             : It was really worried

B             : I’m really sorry.Can we get together tomorrow ?

A             : Mmm…..okey.But Kyle,please call if something happens.

TUGAS : TRANSLATE THE DIALOGUE 2 INTO INDONESIA ( PERJEMAHKAN KE BAHASA INDONESIA )

 


INTERAKSI ANTAR NEGARA NEGARA ANGGOTA ASEAN

SALAM SEHAT SELALU UNTUK ANAK ANAK SEMUANYA
MARI KITA BAHAS MATERI BERIKUT INI :

INTERAKSI KERUANGAN DALAM KEHIDUPAN

DI NEGARA-NEGARA ASEAN

. Interaksi Antarnegara-negara ASEAN
 Pengertian, faktor Pendorong dan Penghambat Kerja Sama
Pengertian Kerja Sama adalah menjalin hubungan antara dua negara atau lebih demi mencapai suatu kesepakatan.
Pengertian Interaksi sosial adalah Interaksi sosial merupakan hubungan-hubungan sosial yang dinamis yang menyangkut hubungan antara orang-orang perorangan, antara kelompok-kelompok manusia, maupun antara perorangan maupun kelompok manusia.

Latar belakang Interaksi/kerja sama antar negara, yaitu:

Ø Interaksi dan kerjasama antarnegara-negara ASEAN semakin berkembang seiring dengan munculnya berbagai kebutuhan setiap negara anggota, yang meliputi kebutuhan sosial, politik, ekonomi, maupun bidang lainnya menuntut suatu negara untuk berperan aktif dengan melakukan kerjasama antarnegara ataupun dengan dunia internasional.

Tujuan dibentuknya organisasi Internasional, yaitu :

Ø Guna mengatasi dan meminimalisasi masalah yang dapat ditimbulkan dari interaksi antarnegara dalam berbagai bidang.

Contoh : ASEAN ( Association of South East Asian Nation ) yang merupakan salah satu organisasi internasional yang bersifat kawasan atau region.

Faktor Pendorong terbentuknya kerjasama, yaitu :

a. Kesamaan dan perbedaan sumber daya alam

b. Kesamaan dan perbedaan wilayah (kondisi geografis)

Faktor Penghambat kerjasama, yaitu :

a. Perbedaan Ideologi

b. Konflik dan peperangan

c. Kebijakan protektif

d. Perbedaan kepentingan tiap-tiap negara



Squad, hayo ada yang masih ingat nggak, Indonesia ini ada di benua apa? Yap! Ada di benua Asia, lebih tepatnya di Asia bagian tenggara. Masih ingat juga dong, negara-negara yang berada di Asia Tenggara tergabung dalam suatu organisasi kebangsaan? Apa coba namanya? Betul banget, namanya ASEAN. Kira-kira, di dalam ASEAN ini ada interaksi antar negaranya nggak, sih? Ada dong. Negara kita juga ikut berinteraksi dengan negara-negara tetangga yang ada di ASEAN. Ingin tau apa saja bentuk interaksi di ruang lingkup ASEAN? Kuy, kita belajar bareng-bareng! 

Interaksi Antar Ruang Indonesia dan ASEAN

Bendera Negara-Negara ASEAN (Sumber: cahsmun.org)

Kira-kira, apa sih alasan di balik adanya interaksi antar ruang di negara-negara ASEAN? Nah, interaksi ini terjadi karena setiap negara tentu memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing, yang tentu saja berbeda antara satu negara dengan negara lainnya. Keunggulan dan kekurangannya juga tersebar di berbagai sektor yang berbeda-beda. Oleh karena itu, tentu perlu adanya interaksi antar ruang untuk saling melengkapi satu sama lain. Kamu sudah bisa menebak belum, nih tujuannya interaksi antar ruang? Diingat ya, interaksi antar ruang ini tujuannya untuk memenuhi kebutuhan setiap negara dan tentu saja untuk menjalin kerja sama antar negara. 

Interaksi Antar Ruang Indonesia dan ASEAN

Kira-kira, kalau berdasarkan sub judulnya, ekspor dan impor ini berkaitan dengan bidang apa, sih? Betul! Berkaitan dengan bidang perdagangan. Salah satu negara yang sering melakukan interaksi ekspor impor dengan Indonesia adalah Thailand. Kira-kira apa aja ya interaksi ekspor impor antara Indonesia dan Thailand?

Indonesia ternyata pernah melakukan impor beras dan gula dari Thailand lho, Squad. Indonesia melakukan hal tersebut karena produksi beras dan gula pernah mengalami penurunan, sehingga tidak mampu memenuhi kebutuhan masyarakat secara luas. Di sisi lain, produksi kedua komoditi tersebut cukup melimpah di Thailand. Jadi, terjadilah kegiatan ekspor-impor antara Indonesia dan Thailand. Kira-kira, Indonesia pernah melakukan ekspor-impor dengan negara lainnya di ASEAN, nggak ya? 

Interaksi antar ruang

Interaksi Antar Ruang

Selain berkaitan dengan kegiatan ekspor-impor ini, interaksi antar ruang juga berkaitan dengan pendistribusian SDM. Wah, maksudnya seperti apa, tuh? Jadi, tidak hanya barang-barang atau bahan baku nih yang bisa dikirim ke negara lain, tetapi juga sumber daya manusia. Oh, bentuknya berarti pengiriman tenaga kerja gitu? Yap, betul sekali! Contohnya distribusi tenaga ahli seperti dokter, perawat, atau teknisi. Dengan diadakannya distribusi tenaga ahli tersebut, akan ada yang namanya transfer teknologi dan transfer ilmu juga dong. Wah! Seru banget ya. 

Squad, ternyata interaksi antar ruang yang terjadi antar negara itu sangat dibutuhkan dan penting adanya, ya. Meskipun demikian, kita tidak boleh terlalu bergantung dengan bantuan dari negara lain, ya. Sebagai generasi penerus bangsa, kamu harus belajar yang rajin nih supaya bisa terus mengembangkan diri. 


JAWABLAH PERTANYAAN DI BAWAH INI !

1,JELASKAN PENGERTIAN INTERAKSI SOSIAL !

2,BUATLAH 1 CONTOH INTERAKSI ANTAR NEGARA ANGGOTA ASEAN !

3.SEBUTKAN FAKTOR PENDORONG KERJASAMA ANTAR NEGARA ANGGOTA ASEAN !


..............TETAP SEMANGAT YA...SELAMAT MENGERJAKAN..........................